Mulai dari Korek Api Sampai dengan Sajam, Kemana Larinya Barang Terlarang yang Disita saat Mau Naik ke Pesawat?

barang sitaan bea cukai

TIPSTREN.com — Sudah sering sekali kita mengetahui jika para penumpang yang tidak sengaja membawa barang terlarang ketika mau naik pesawat terbang (prohibited items).

Benda-benda terlarang tersebut biasanya disita petugas sehingga jumlahnya cukup banyak. Namun, pernahkan Anda mengetahui kemana larinya barang-barang tersebut?

Prohibited items sendiri biasanya dimusnahkan oleh pihak bea dan cukai. Bahkan pemusnahan tersebut berupa 400 liter lebih minuman keras dengan berbagai merk dan belasan kg benda tajam, sampai dengan ratusan kg korek api.

Tidak hanya pada barang saja, BEA Cukai biasanya melarang beberapa komoditi seperti perikanan. Pada sitaan cukai sendiri banyak berupa lobster, teripang kering, sampai dengan benih patin.

kegiatan pemusnahan prohibited items yang dilakukan oleh pihak Bea Cukai akan dilakukan rutin jika volumenya sudah melebihi kapasitas.

Pemusnahan prohibited items sendiri dilaksanakan sesuai amanat UU No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan peraturan terkait.

Pelaksanaan kegiatan pemusnahan diawali dengan penandatangan berita acara pemusnahan prohibited item dan komoditi perikanan, lalu diakhiri dengan simbolis penuangan cairan minuman keras kedalam lubang pembuangan dan dimusnahkan dengan cara dibakar.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *