Ini Alasan Mengapa Error dalam Internet Menggunakan Kode ‘404’

error 404

TIPSTREN.com — Para pengguna internet sudah familiar dengan “Error 404: Page not found” atau “Kesalahan 404: Halaman tidak ditemukan.”. Hal ini biasanya kerap muncul setiap kali kita mengikuti tautan yang rusak atau mati.

Masih banyak orang yang tidak tahu kenapa Internet memakai kode tersebut. Namum, ada yang berpendapat jika kode tersebut dimulai oleh sekelompok ilmuwan muda yang memulai Internet.

Menurut para ilmuwan yang bekerja di European Organization for Nuclear Research (CERN), di mana mereka memiliki database pusat internet di kamar 404.

Pada ruangan inilah mereka secara manual diambil dan dikirimi data yang diminta dari database pusat. Basis data bertambah jumlahnya, dan orang-orang mulai meminta file dengan nama yang salah.

Kapan pun itu terjadi, para ilmuwan hanya menjawab dengan kalimat, “Room 404: File tidak ditemukan.” Ketika Internet menjadi otomatis, para ilmuwan tidak lagi secara manual diperlukan untuk menanggapi kesalahan tersebut.

Selanjutnya, sebagai gantinya server inilah yang secara otomatis menghasilkan kesalahan dan mengirimkannya ke komputer orang.

Namun, melansir dari laman listverse.com, cerita tersebut ternyata tidaklah benar. Kode 404 ternyata muncul dari kode kesalahan HTTP, yang bisa dimulai dengan 1, 2, 3, 4, atau 5, tergantung pada jenis kesalahannya.

Kesalahan yang dimulai dengan “4” adalah kesalahan klien. “04” yang mengikuti “4” pertama, berarti “tidak ditemukan.” Jadi, “404” berarti “kesalahan klien, tidak ditemukan.” Alasan mengapa server mengeluarkan ungkapan yang berbeda setelah “kesalahan 404” adalah bahwa hal itu tidak diwajibkan untuk server mengenali dua nomor setelah nomor pertama.

Hal tersebutlah ternyata sebabnya beberapa server menunjukkan “Error 404: Page not found”. Sementara yang lain menunjukkan “Error 404: Not found” atau “Error 404: File not found.”

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *