Inilah Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Puasa



TIPSTREN.com – Ternyata berpuasa tidak hanya mendapatkan pahala berpuasa saja melainkan bisa mencegah berbagai penyakit.

Menjalankan ibadah puasa tidak hanya sehat bagi tubuh tapi juga bagi otak, berpuasa mencegah penyakit degeneratif seperti Azheimer.

Manusia mempunyai otak untuk mengendalikan pikiran, memori, gerakan tangan dan kaki, serta fungsi semua organ dalam tubuh.

Otak merupakan struktur yang sangat terorganisasi, terdiri atas ratusan miliar sel saraf (neuron) yang berhubungan.

Jumlah jejaringnya ribuan triliun sel saraf (sinaps). Sebuah laporan yang diterbitkan oleh American Alzheimer’s Association menyebutkan bahwa sampai 2050, jumlah orang yang berumur 65 tahun atau lebih yang menderita Alzheimer akan berlipat tiga, dari hanya 5,2 juta menjadi sekitar 13,8 juta.

Berdasarkan riset penlitian terbaru teruangkap bahwa terjadi perbaikan peluang hidup dan perbaikan kemampuan mental pada binatang di dalam laboratorium ketika mereka melakukan puasa berselang-seling (intermittent).

Disebutkan oleh Dr. Mark Mattson, ketua dari laboratorium ilmu saraf di National Institute on Aging dan profesor ilmu saraf di Johns Hopkins University memimpin sebuah riset yang mengamati dampak pembatasan energi terhadap otak.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa puasa berselang-seling bisa menghambat akumulasi amyloids abnormal di dalam otak pada tikus percobaan dengan cara membatasi asupan energi secara ketat.

Pada baha kedokteran disebut Akumulasi amyloids di dalam otak inilah yang selama ini disebut sebagai penanda munculnya penyakit Alzheimer.

(hal/tipstren.com)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *