Unik! Ada Rumah Cetak 3D Siap Huni Pertama di Dunia

rumah cetakan 3D

TIPSTREN.com — Rumah yang satu ini berbeda dari rumah pada umumnya.

Rumah ini merupakan rumah cetak 3D pertama di dunia yang dapat dihuni akan dibangun di kota Belanda Eindhoven.

Inovasi ini merupakan sebuah langkah yang diharapkan pengembang akan membantu mengubah industri konstruksi.

Lima rumah beton akan dibuat akhir tahun ini sebagai bagian dari Proyek Milestone, sebuah kolaborasi antara Universitas Teknologi Eindhoven dan berbagai mitra yang akan memastikan rumah-rumah memenuhi standar hidup dan ditempati.

”Proyek ini adalah proyek perumahan komersial pertama di dunia berdasarkan pencetakan beton 3D.

Semua rumah akan ditempati (dan) mereka akan memenuhi semua persyaratan kenyamanan modern,” ujar juru bicara universitas tersebut, melansir dari Independent, Kamis (7/6).

Ini bukan pertama kalinya sebuah rumah dibuat dengan cetakan 3D, meskipun semua usaha sebelumnya telah menjadi prototipe atau bagian dari proyek penelitian.

Rumah pertama yang dibangun melalui Proyek Milestone diharapkan mampu membangun rumah hingga tiga lantai menggunakan teknik konstruksi.

Tim tersebut mengatakan, sifat presisi pencetakan 3D membuat lebih sedikit bahan bangunan yang terbuang selama proses konstruksi, serta mempermudah menyesuaikan rumah untuk memenuhi keinginan individu.

”Pencetakan beton 3D adalah pengubah permainan potensial dalam industri bangunan,” kata juru bicara Eindhoven University of Technology.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *