Ternyata Tanah di Planet Mars Beracun, Tak Bisa Dihuni oleh Manusia

Kehidupan di Planet Mars
                                                          Kehidupan di Planet Mars

TIPSTREN.com – Ilmuan yang pernah menduduki planet mars mengungkapkan bahaya tanah yang berada di planet mars.

Walaupun planet mars dikatakan memiliki air yang bisa membuka kehidupan untuk bisa tinggal di planet mars.

Saat ini planet mars tidak akan mudah untuk dijadikan tempat tinggal bagi para manusia. Menurut Science Alert, ilmuwan baru saja menemukan tanah di Mars ternyata mengandung unsur yang bisa membuat kehidupan hingga tingkat bakteri mati hanya dalam hitungan menit.

Temuan ini diketahui setelah ilmuwan melakukan penelitian khusus mengenai bakteri yang terkandung yang bisa bertahan di lingkungan seperti Mars.

Unsur yang membuat bakteri tidak bisa hidup tersebut adalah perchlorates, sebuah unsur kimia yang pertama kali ditemukan di Mars pada tahun 2008 silam.

Perchlorates merupakan unsur beracun bagi manusia, namun tidak untuk bakteri. Unsur tersebut juga ditengarai merupakan katalis yang menjaga keberadaan air di Mars. Sayangnya, kondisi perchlorates di Bumi berbeda dengan di Mars.

Bakteri beracun ini memang tidak akan berbahaya asal tidak terkena sinar ultra violet secara langsung. Masalahnya, Mars memiliki atmosfer yang sangat tipis sehingga perchlorates di permukaannya terpapar langsung oleh radiasi UV yang sangat kuat.

Hal ini membuat tanah di Mars sangat berbahaya bagi kehidupan, termasuk menanam kentang di planet merah seperti halnya yang ada di film The Martian.

Kondisi tersebut memiliki keuntungan bagi misi eksplorasi yang akan datang. Berhubung Mars akan membunuh bakteri dari Bumi, maka Mars tidak akan terkontaminasi oleh lingkungan di Bumi sehingga para peneliti bisa lebih bebas dalam menjelajahi Mars.

(hal/tipstren.com)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *