Tak Banyak yang Tahu, Begini Awal Mula Sejarah Hari Minggu Dijadikan Hari Libur di Indonesia dan Dunia

Kalender
                                                                               Kalender

TIPSTREN.com — Pernahkah anda berfikiran mengapa hari libur ada di hari minggu? Ternyata kenapa Indonesia memilih hari minggu untuk dijadikan hari libur nasional terungkap.

Ternyata dahulu ketika bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara di Eropa. Wilayah kekuasaan mereka sampai ke Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan lainnya.

Sejak masa itu, bangsa Romawi Kuno sudah memiliki keyakinan bahwa hari Minggu merupakan adalah hari yang baik untuk beribadah dan beristirahat. Sehingga mereka meliburkan segala aktivitasnya pada hari Minggu.

Dulu, bangsa Romawi juga memiliki kebiasaan selalu menandai hari Minggu dan hari penting lainnya dengan menggunakan warna merah. Pengaruh itulah yang hingga kini menyebar pula ke wilayah-wilayah kekuasaan bangsa Romawi tadi. Salah satunya, Belanda.

Sejarah dahulu menunjukan bahwa Belanda kemudian menjajah dan menguasai Indonesia. Sejak saat itulah, hari Minggu pun akhirnya ditetapkan sebagai hari libur bagi para pekerja Indonesia.

Sampai saat ini akhirnya tradisi libur di hari Minggu yang sudah ada sejak zaman romawi tersebut terus dipertahankan dan berlaku hingga kini.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *