Jika di Indonesia Harus Bayar Jika Ingin Memakai Listrik, Tapi di Jerman Masyarakatnya Justru Dibayar Ketika Memakai Listrik

jerman

TIPSTREN.com — Pasokan listrik yang ada di negara Jerman saat ini sudah melebihi permintaan. Jerman sendiri sudah menginvestasikan sumber daya terbarukan senilai $200 miliar atau sekitar Rp2,6 triliun sejak beberapa dekade terakhir. Sumber daya tersebut diketahui berupa energi angin dan matahari.

Saat cuaca sedang dalam keadaan panas, salah satu pembangkit listrik tenaga matahari bekerja secara maksimal untuk memenuhi cadangan listrik.

Masyarakat di Jerman bukan dibayar dalam bentuk uang, melainkan mendapat potongan pada tagihan listrik mereka setiap bulannya.

Melansir dari laman The New York Times, beberapa pabrik dan perkantoran diberi insentif untuk menggunakan listrik dengan biaya $60 atau sekitar Rp800 ribu per megawatt setiap jamnya.

Pada bulan Oktober lalu, tercatat bahwa harga listrik di Jerman gratis selama 31 jam karena cuaca yang terus menerus hangat.

Sistem pembangkit listrik tenaga alam memang hanya dapat bekerja dengan maksimal tergantung dari cuaca di daerah tersebut. Sementara cuaca seringkali tidak dalam keadaan yang menentu.

“Hal itulah yang menjadi tantangan terbesar dalam mentransisikan energi menjadi sumber daya yang bisa dipakai terus-menerus,” ujar Tobias Kurth, Managing Director of Energy Brainpool.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *