Dibuat Tahun 1868, Begini Bentuk Lampu Lalulintas Pertama di Dunia

lampu lalulintas

TIPSTREN.com — Lampu lalulintas yang kita kenal saat ini memiliki 3 warna lampu yang menyala. Ada merah, kuning dan hijau.

Namun, jauh sebelum adanya lampu lalulintas seperti sekarang ini, lampu lalulintas pertama di dunia tidak seperti lampu lalulintas saat ini.

Melansir dari laman londonist.com, lampu lalulintas pada 20/3/1869 bahkan menyamakan lampu lalu lintas di Inggris dengan penampakan seram memancarkan cahaya keluar dari kabut. Lampu lalu lintas pertama kali diciptakan pada 1868 oleh J.P Knight.

Lampu tersebut pertama kali dipasang di luar Gedung Parlemen Inggris untuk membawa ketertiban di persimpangan yang kacau.

lampu lalulintas

Saking kacaunya bahkan pada bulan-bulan sebelum pemasangan, dua anggota parlemen terluka parah dan seorang polisi lalu lintas terbunuh di tempat ini. Pada awal beroperasi, lampu yang menggunakan energi gas ini memiliki prinsip yang sama dengan perkeretaapian.

Yakni menggunakan menggunakan sinyal stop dan go dengan lampu dan gerakan semafor. Bila plang sejajar itu berarti stop, kendaraan harus berhenti dan pejalan kaki dapat menyeberang.

Ketika plang diturunkan 45 derajat itu berarti go, kendaraan dapat melaju. Atas temuan ini tentu ada beragam reaksi dari yang paham dan mematuhi hingga yang tidak mengerti dan mengabaikannya.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *