Soal Matematika Tersulit Adalah ‘Fermat’s Last Theorem’, Sampai-sampai Rumus Ini Masuk Guinness World Record

Format Soal Matematika
                                                                Format Soal Matematika

TIPSTREN.com — Pria ini adalah Pierre De Fermat, ia adalah seorang pengacara yang juga matematikawan amatir pada abad ke-7, ia sering menulis komentar-komentar dipinggiran bukunya. Dan yang paling terkenal sepanjang sejarah adah Teorema Terkahir Fermat(Fermat Last Theorem).
.
Awal mula dinamakan teorema terakhir bukan karena terakhir kali dipublikasikan, namun yang terakhir kali dibuktikan. Teori Teorema ini sudah tidak berhasil dibuktikan oleh semua matematikawan-matematikawan dunia selama 357 tahun lebih karena tingkat kesulitannya yang tinggi.

Rumus Teorema fermat berbunyi seperti ini: untuk n > 2, tidak ada bilangan bulat bukan nol x, y, dan z yang memenuhi persamaan xn + yn = zn

Namun, sudah sepanjang 300 tahun lebih teorema ini berusaha dibuktikan oleh seluruh matematikawan di seluruh dunia, seperti Leonhard Euler, Dirichlet, dan matematikawan dunia.

Rumus teorema sebagai gambaran, sepanjang 4 tahun (1908-1912) terdapat 1000 bukti yang diterbitkan namun dari semua yang diterbitkan tidak ada salah satu matematikawan pun yang bisa menjawabnya.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *