Ini Penyebab Seseorang Menjadi Kidal

tangan kidal

TIPSTREN.com — Banyak yang tidak mengetahui apa sebab seseorang menjadi kidal. Menurut para ilmuwan, banyak para ilmuan yang tertarik dengan kasus mengapa seseorang memiliki kecenderungan untuk menjadi kidal atau tidak.

Asumsi yang sudah banyak berkembang selama ini menunjukkan bahwa kidal atau tidaknya seseorang ditentukan oleh otak.

Tapi penelitian terbaru tentang kidal baru ada pada tahun 2017 kemarin, dari penelitian tersebut membuktikan bahwa bukan hanya otak yang menentukan, namun juga sumsum tulang belakang.

Melansir dari laman Science Alert, tim biopsikologi dari Universitas Ruhr Bochum di Jerman menunjukkan bahwa genetik di sumsum tulang belakang memiliki posisi asimetris sejak dalam rahim.

Hal tersebut bisa dikaitkan dengan preferensi seseorang untuk cenderung terlahir kidal atau tidak Karena itu, tim memutuskan untuk menyelidiki apakah mungkin sesuatu terjadi secara independen di sumsum tulang belakang dapat mempengaruhi kecenderungan tangan.

“Temuan kami menunjukkan bahwa mekanisme molekuler untuk regulasi epigenetik di dalam sumsum tulang belakang merupakan titik awal seseorang akan menjadi kidal atau tidak,” para peneliti menyimpulkan.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *