Deretan Iklan yang Viral di Tahun 2018, Apa Saja?

TIPSTREN.com — Tidak kalah dengan iklan luar negeri, ada beberapa iklan buatan lokal berhasil menjadi viral di media sosial tahun ini.

Seperti iklan terbaru toserba Ramayana garapan sutradara Dimas Djayadiningrat, misalnya, sukses menjadi perbincangan warganet belakangan ini karena mengusung konsep berbeda dan jenaka.

Ti[stren.com merangkum lima iklan yang mampu menjadi viral dan mendulang komentar positif dari netizen:

1. Ramayana (#KerenLahirBatin Menyambut Lebaran)

Pariwara paling anyar dari toserba Ramayana ini menjadi salah satu yang paling diperbincangkan publik. Ide sutradara Dimas Djayadiningrat dalam menciptakan iklan ini terbilang cukup ‘jahil.’ Ia seakan mampu menangkap fenomena di mana lirik-lirik lagu kasidah dijadikan meme oleh netizen di Indonesia beberapa bulan belakangan.

Sekalian mengangkat kearifan lokal, Dimas kemudian menggandeng grup kasidah Nurussyifa sebagai bintang utama. Mereka menyanyikan lirik bercerita dengan musik dan cengkok khas grup kasidah.

Selain itu, visual yang disuguhkan pun tak kalah kocak. Dimas sengaja membuat visual yang ‘tak memanjakan mata’ agar bisa serupa dengan video musik lagu-lagu kasidah selama ini.

Tak berhenti di sana, adegan-adegan nyeleneh juga berhasil membuat netizen terpukau, misalnya personel Nurussyifa yang kepalanya berada di dalam magic jar dan bernyanyi di atas mobil.

2. Tokopedia (Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik)

Iklan Tokopedia ini memuat cerita yang berdurasi 2 menit. Meski durasinya cukup panjang untuk ukuran video pariwara, banyak netizen mengaku betah menonton karena kisah yang disuguhkan cukup menarik.

Iklan ini menceritakan tentang seorang pria yang mengajak ibunya yang sudah renta makan di restoran udang pinggir pantai. Penonton kemudian diajak untuk mengingat masa kecil pria itu di mana ia dan ibunya selalu ingin mengunjungi restoran tersebut. Namun, karena kesulitan ekonomi, mereka hanya mampu membeli udang biasa di pasar dengan uang seadanya.

Banyak pemirsa yang menganggap iklan ini seperti pariwara khas sineas Thailand, karena berdurasi cukup lama serta mengangkat kisah kuat dan mengharukan yang bahkan bisa jadi tidak ada hubungannya sama sekali dengan produk atau merek dagang yang diiklankan.

Netizen pun rela membagikan video mengharukan ini di media sosial mereka. Selain itu, pihak Tokopedia sendiri cukup gencar menyebar video ini. Mulai dari media sosial hingga bioskop, sehingga berbagai kalangan masyarakat mampu mengaksesnya.

3. GO-JEK (Cari Pahala Cipt. GO-RIDE)

GO-JEK merilis iklan berseri Cari Pahala dengan mengangkat konsep kasidah di bulan Ramadan ini. Seluruh serinya menggabungkan fitur-fitur aplikasi jasa online ini dengan lirik dan musik ala grup kasidah.

Meski durasinya pendek, pariwara berseri ini lumayan membekas di benak pemirsa lantaran lirik dan musiknya yang repetitif. Selain itu, visual yang disuguhkan berbentuk jukstaposisi antara video pameran salah satu fitur GO-JEK dengan ibu-ibu grup kasidah yang tengah membawakan lagu Cari Pahala.

Netizen menganggap iklan berseri milik GO-JEK ini cukup menghibur.

4. Tehbotol Sosro (Memberikan Kebahagiaan Adalah Kebahagiaan)

Iklan Tehbotol Sosro untuk Ramadan kali ini cukup berkesan lantaran mengangkat perjuangan orang-orang yang rela tidak libur bekerja saat Lebaran demi kepentingan warga Indonesia yang mudik.

Berbagai profesi pun ditunjukkan dalam pariwara ini, mulai dari masinis, nahkoda, hingga sopir angkutan umum. Berbeda dengan sebagian besar warga Indonesia, profesi-profesi itu rela melewatkan momen berkumpul dengan keluarga saat Hari Lebaran tiba.

“Ada yang tak pulang demi pulangnya kita. Karena mereka tahu, memberikan kebahagiaan adalah kebahagiaan,” tutur seorang narator di akhir iklan berdurasi semenit itu.

5. Indomie (Drama Korea Rasa Soto Lamongan)

Iklan Indomie ini sempat viral lantaran penggabungan nyeleneh antara drama Korea dengan alih suara berbahasa Jawa medok.

Meski cerita yang disuguhkan amat biasa dan tipikal, namun menyaksikan akting ‘hiperbol’ para aktor berwajah oriental dengan latar tempat bersalju, yang kemudian seluruh ucapan mereka dialihkan ke bahasa Jawa medok menjadikan iklan ini cukup menarik.

Selain seri ini, Indomie juga merilis seri Bollywood Indomie Rasa Soto Padang yang menggabungkan drama India dengan alih suara berbahasa Padang medok yang tak kalah kocak.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *