Inilah Gedung Modern Pertama di Indonesia

Gedung Pusat Universitas Gajah Mada
                                             Gedung Pusat Universitas Gajah Mada

TIPSTREN.com – Sebelum adanya gedung-gedung modern yang kini sering kita lihat ternyata sejak zaman dahulu sudah ada di Indonesia gedung-gedung modern. Seperti salah satunya adalah gedung modern pertama di Indonesia Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada (UGM).

Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada (UGM) ini merupakan bangunan modern pertama yang pernah di bangun di Republik Indonesia. Dahulu, bangunan ini diresmikan pada 19 Desember 1959 yang di desain sendiri oleh presiden pertama RI, Soekarno.

“Universitas ini didirikan oleh Soekarno karena menurutnya RI perlu memiliki sebuah universitas,” ujar Pemerhati Kesejarahan UGM Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A (K).

Dahulu, rencana untuk membangun universitas pertama di Indonesia ini disambut baik oleh Sri Sultan HB IX. Selain itu, Sri Sultan HB IX pun memberikan tanah miliknya di Bulaksumur untuk mendirikan bangunan modern pada masanya.

Usai disetujui Sultan HB IX, Presiden pertama Indonesia Soekarno langsung memilih arsitek. Tak sembarang arsitek yang dipilih Soekarno karena Soekarno langsung menunjuk GPH Hadinegoro. “GPH Hadinegoro adalah.

Perancang gedung tersebut ialah pria kelahiran Surakarta yang berhasil meraih gelar insinyur di Technische Hooge School, Delf, Belanda.

Dengan perrancang itulah Soekarno sering berdiskusi tenang konsep arsitektur gedung pusat UGM ini,” jelas Sutaryo.

Soekarno pun sampai mempersilahkan Hadinegoro yang dahulu tinggal di Pakualaman untuk mempresentasikan konsep bangunan di depan tamu asing dan duta besar.

Agar bisa membangun gedung pusat UGM, perancang Hadinegoro membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 9 tahun.

Bukan konsep sebagai gedung megah semata, dia pun menyiratkan nilai dan makna filosofis yang mendalam. Hal ini terlihat dalam bentuk bentuk arsitektur, ornamen, dan kontruksi bangunannya.

Arsitek UGM Ir. Ismudianto, M.S, mengingatkan karena karakter konstruksi gedung pusat UGM merupakan bangunan modern awal di Indonesia. Untuk itu, bangunan ini patut dijaga dan dipelihara sebagai bangunan bersejarah.

Menurut Guru Besar Jurusan Teknik Arsitektur UGM Prof. Ir. Sudaryono, M.Eng., Ph.D, konstruksi gedung yang memiliki konsep filosofis serta nilai kesejarahan ini layak dicontoh gedung lain di lingkungan UGM ataupun gedung lain di Indonesia.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *