Penjelasan Ilmiah Mobil Bisa Menggelinding ke Tanjakan ke Atas di Gunung Kelud Kediri

gunung kelud

TIPSTREN.com — Fenomena langka terjadi di sekitaran jalan di daerah Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur. Fenomena tersebut dikarenakan mobil bisa berjalan sendiri tanpa di gas padahal jalanan tersebut menanjak. Hal tersebut sontak membuat heran para pengguna jalan di daerah tersebut.

Ternyata begini penjelasan ilmiahnya. Menurut Prof. Yohannes, Fenomena di Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur dikenal dengan gravitasi terbalik.

Tiba-tiba ada rarikan ke atas dan mobil bergerak ke atas sejauh kira-kira 12 m. Pada waktu itu hujan deras, saya turun dari mobil dan melihat keanehan lagi. Ternyata air hujan juga mengalir ke “atas”.Seperti itu menurut saksi mata yang merasakan fenomena tersebut.

Prof Yohannes menyebut bahwa gravitasi terbalik ini sebenarnya tidak benar-benar gravitasi terbalik. Tapi ini lebih ke arah ilusi mata.

gravitasi terbalik

Ternyata  mata kita ini terbiasa melihat pohon tegak. Anggap ada sekelompok pohon miring ke arah timur katakan 7º terhadap garis vertikal. Pohon ini terletak di atas tanah yang miring 5º (lihat gambar).

Pada saat kita melihat pohon ini, otak kita yang terbiasa melihat pohon tegak, akan melihat pohon ini tegak (sejajar denagn tubuh kita), akibatnya mata kita akan melihat tanah yang kita pijak iti seolah-oleh menanjak 2º (7º-5º).

Ketika ada mobil bergerak turun kita melihat mobil ini seolah-olah sedang bergerak naik 2º. Padahal sesungguhnya dia sedang turun, karena bukitnya miring 5º.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *