Menyentuh Tanaman Ini Bisa Membuat Kulitmu Terbakar

pohon machineel tree

TIPSTREN.com — Tanaman yang satu ini merupakan pohon yang bernama manchineel (Hippomane mancinella). Pohon ini bisa berbuah  ‘apel pantai’ atau ‘jambu biji beracun.’

Pohon ini berasal dari bagian tropis Amerika Utara bagian selatan, serta Amerika Tengah, Karibia, dan bagian dari Amerika Selatan bagian utara.

Pohon ini memiliki nama lain arbol de la muerte, yang secara harfiah berarti “pohon kematian”. Manchineel menghasilkan getah yang tebal, seperti susu, yang merembes keluar dari kulitnya.

Bahkan daun dan tentu saja buahnya dapat menyebabkan luka parah seperti luka bakar jika menyentuh kulit Anda. Racun yang dihasilkan pohon manchineel sangat larut dalam air.

Sehingga Anda tidak diperbolehkan berteduh di bawahnya saat hujan atau tetesan air hujan yang terkontaminasi racun akan membakar kulit Anda.

Karena sifat-sifat mengerikan ini, di beberapa kawasan pohon ini dilengkapi dengan papan merah peringatan.

Namun meski berbahaya, pohon ini tetap memiliki fungsi tersendiri bagi ekosistemnya. Yakni menjadi semak padat yang membuatnya menjadi penahan angin yang sangat baik.

Tak hanya membuat terbakar, bahkan ada laporan tentang kasus peradangan mata parah dan kebutaan sementara yang disebabkan oleh asap pembakaran kayu manchineel.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *