Ini Penyebab Suhu Panas Pada Saat Malam Hari

bumi

TIPSTREN.com — Pernahkah Anda merasakan panas atau gerah ketika malam hari? Tidak hanya pada saat musim kemarau, pada musim penghujan pun udara di malam hari terasa panas.

Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Menurut penelitian terbaru dari University of Washington dan Oregon State University, terdapat kenaikan suhu selama tiga hari berturut-turut.

Suhu tersebut berada di atas suhu rata-rata abad saat ini. Kenaikan suhu panas pada malam hari akan semakin bertambah seiring kenaikan suhu Bumi. Tak hanya itu, cuaca panas tetap berlangsung hingga malam hari dikarenakan pergerakan awan.

Awan sendiri sebenarnya memiliki fungsi sebagai penghalang radiasi matahari, awan yang sedikit menyebabkan radiasi matahari akan langsung masuk ke Bumi, sehingga membuat suhu tidak langsung turun saat menjelang sore dan saat Matahari terbenam.

Setelah itu, suhu baru akan turun pada malam hari, sehingga menyebabkan panas atau gerah.

Akibat Kenaikan Suhu dan Perubahan Iklim pada Flora dan Fauna

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of East Anglia, James Cook University dan WWF, 50 persen spesies akan punah jika suhu Bumi meningkat hingga 4,5 derajat celcius.

Berbahaya kah? Menurut tim peneliti, cara terbaik untuk melindungi tumbuhan dan satwa liar adalah dengan membatasi kenaikan suhu Bumi serendah mungkin.

Semakin rendah kenaikan rata-rata suhu Bumi maka semakin banyak jenis tumbuhan dan satwa liar yang berhasil diselamatkan.

Caranya adalah dengan mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari efek rumah kaca.  Teman-teman bisa mulai dengan cara mematikan alat elektronik jika sedang tidak digunakan, menghemat pemakaian air, dan lebih banyak berjalan kaki atau naik sepeda dibanding menggunakan kendaraan.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *