Apa Hukumnya Menyikat Gigi Saat Puasa?

nyikat gigi

TIPSTREN.com — Mungkin Anda kebanyakan masih merasa ragu ketika ingin menggosok gigi saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Banyak pertanyaan yang muncul apakah menyikat gigi bisa membatalkan puasa?

Agar bisa menjawab pertanyaan banyak orang, berikut ini ada pemaparan oleh Ustadz Ahmad Sarwat, LC yang melansir dari laman rumahfiqih.com untuk menjelaskan mengenai hukum menggosok gigi ketika puasa.

Ustadz Ahmad Sarwat, LC sendiri merupakan salah seorang ahli fiqih yang mendalami ilmu tentang tata cara beribadah.

Ia mengatakan, dari Nafi’ dari Ibnu Umar ra. bahwa beliau memandang tidak mengapa seorang yang puasa bersiwak. (HR Abu Syaibah dengan sanad yang shahih 3/35).

Ustadz Ahmad Sarwat, LC. adalah seorang ahli fiqih yang mendalami ilmu tentang tata cara beribadah.

Dari Nafi’ dari Ibnu Umar ra. bahwa beliau memandang tidak mengapa seorang yang puasa bersiwak. (HR Abu Syaibah dengan sanad yang shahih 3/35). Hal ini berati tidak akan rusak puasa seseorang bila dia bersiwak atau menggosok gigi.

Meski tanpa pasta gigi, tetap saja zat-zat yang ada di dalam batang kayu siwak itu bercampur dengan air liur yang tentunya secara logika termasuk ke dalam kategori makan dan minum.

Meski demikian, hal tersebut tidak menjadi alasan batalnya puasa kita. Bahkan beberapa hadits lain membolehkan hal yang lebih parah dari sekedar menggosok gigi yaitu kebolehan seorang yang berpuasa untuk mencicipi masakan.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *