Ini Alasan Mengapa Orang Indonesia Malas Untuk Berjalan Kaki

Jalan Kaki
                                                                  Pejalan Kaki

TIPSTREN.com – Data dari ratusan ribu orang di seluruh dunia menunjukkan bahwa orang Indonesia ternyata paling jarang berjalan kaki.

Mengapa demikian? Apa faktor utama yang mempengaruhi orang indonesia malas berjalan kaki?

Menurut hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti di Stanford University, Amerika Serikat para peneliti menemukan beberapa faktor penyebabnya.

Para peneliti di universitas tersebut menganalisis data menit ke menit terhadap sekitar 717.000 orang dari 111 negara yang menggunakan aplikasi Argus.

Aplikasi tersebut dapat mencatat langkah penggunanya, selama kurang lebih 95 hari di seluruh dunia.

Penduduk Hong Kong menempati posisi pertama dalam daftar orang yang paling rajin berjalan kaki. Rata-rata mereka berjalan kaki 6.880 langkah setiap hari.

Lalu, diposisi berapakah Indonesia? Saat ini penduduk yang paling malas berjalan kaki adalah orang Indonesia, setiap harinya hanya berjalan sebanyak 3.513 langkah.

Dilansir dari BBC, Scott Dep, seorang profesor di bidang bioteknik dan merupakan salah satu peneliti mengatakan bahwa penelitian ini 1.000 kali lebih besar dari penelitian tentang pergerakan manusia yang pernah ada sebelumnya.

“Ada banyak survei tentang kesehatan yang hasilnya luar biasa,” jelasnya. “Tetapi penelitian terbaru kami menyajikan data dari lebih banyak negara, lebih banyak subjek dan melacak kegiatan orang-orang secara berkelanjutan.

Penelitian ini juga membuka jalan baru dalam penelitian ilmiah dalam skala yang jauh lebih besar daripada yang pernah kita lakukan sebelumnya.”

Namun ternyata jumlah langkah harian tidak terlalu memengaruhi tingkat obesitas suatu negara.

Lalu, apa alasan penduduk Indonesia paling malas berjalan kaki? Kesadaran masyarakat akan pentingnya aktivitas fisik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan sudah harus ditingkatkan.

Ternyata ada beberapa penyebab malasnya penduduk Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, untuk berjalan kaki.

Ternyata buruknya trotoar atau sarana pedestrian merupakan salah satu alasan mengapa penduduk Indonesia malas berjalan.

Banyaknya penggalian yang menyebabkan rusaknya trotoar, bersaing dengan warung kaki lima maupun bersaing dengan kendaraan roda dua yang naik ke atasnya.

Lalu, tidak adanya transportasi umum yang memadai, cuaca yang panas dan polusi juga merupakan penyebab penduduk Indonesia kurang melakukan aktivitas.

Faktor lainnya alasan penduduk Indonesia malas berjalan kaki adalah soal keamanan. Tindak kriminalitas yang cukup tinggi seperti pelecehan seksual. Maka dari itu penduduk Indonesia khususnya wanita malas untuk berjalan.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *