Ini yang Terjadi Pada Tubuh Kita Ketika Tengah Dilanda Panik

Panik
                                                                                  Panik

TIPSTREN.com – Panik merupakan situasi otak yang sudah sering kita alami. Seseorang saat mengalami kepanikan akan menceritakan masalahnya dengan tiba-tiba.

Panik biasanya muncul ketika perasaan fisik dan teror emosional. Bahkan untuk orang yang tergolong panikan, rasanya malah seolah-olah sekarat atau alami serangan jantung, padahal sebenarnya tidak.

Jadi, kenapa tubuh memiliki reaksi saat sedang panik? Ternyata panik membuat sistem saraf akan mengalami eror sementara.

Dilansir dari Refinery29, Sistem saraf simpatik ini akan dilepaskan secara meningkat ke otak.

Ketika terjadi terjadi kepanikan, detak jantung akan berdetak lebih kuat, pernafasan lebih cepat, dan pencernaanmu melambat untuk menyetorkan energi ke tubuh.

Sistem ini selalu aktif setiap saat, tapi jika kamu sedang ketakutan, respon simpatik mengambil alih semuanya.

Pemicu ketakutan atau kepanikan ini adalah sesuatu yang membuatmu mudah cemas dan galau. Jadi, mengapa manusia termasuk lumrah mengalami kepanikan?

Teori menunjukkan saat ada perubahan fungsi area sistem limbik di otak. Area ini terlibat dalam mengatur respon emosional yang tersambung dengan fisik. Contohnya, saat sedang bisa marah-marah saat jari kakimu menabrak kaki meja.

Ternyata orang yang mudah sekali panikan akan membuat hidupnya seakan tak tenang.

Jika kamu orang yang cukup sering mengalami gangguan panik, konsultasi dengan dokter adalah jalan keluarnya. Penyakit panik bisa disembuhkan minimal bisa mengurangi rasa kepanikan tersebut.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *