5 Ini Alasan Ini Menjawab Kenapa Baju Dokter Berwarna Hijau

baju dokter hijau

TIPSTREN.com — Dokter memiliki pernanan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Pekerjaan dokter merupakan profesi yang mulia karena banyak membantu para penderita penyakit.

Bicara tentang profesi dokter dan langkah operasi, pernah tidak kamu cermati bahwa ada perbedaan penampilan dokter ketika hendak melakukan operasi? Perbedaan penampilan itu terletak pada seragam atau kostum yang dikenakan.

Pada saat hendak melakukan operasi dokter yang umumnya berseragam putih berganti menjadi seragam hijau. Penasaran apa alasannya?

Berikut ini 5 alasan mengapa baju dokter berwarna hijau:

1. Warna Putih ke Hijau

Menurut Today’s Surgical Nurse (1998), pergantian warna dari putih ke hijau bertujuan membantu penglihatan dokter ketika operasi karena mayoritas warna yang dilihat adalah merah.

2. Untuk Membedakan Organ dalam Manusia

Menatap nuansa merah terlalu lama saat operasi membuat sinyal merah di otak memudar. Kondisi itu bisa mempersulit kepekaan dokter membedakan organ dalam manusia.

3. Berawal Sejak Abad ke 20

Penggunaan warna hijau ketika operasi bermula di awal abad 20. Warna hijau dapat menetralkan kembali penglihatan dokter dari dominasi warna merah organ pasien.

4. Kenapa Tidak Berwarna Putih?

Kenapa baju dokter tidak berwarna putih? Ilusi optik tetap akan terjadi karena putih memiliki semua spektrum warna. Sedang hijau merupakan kebalikan dari merah dalam roda warna. Pendapat ini didukung Paola Bressan, peneliti ilusi visual dari University of Padova, Italia.

5. Hijau Bisa Membuat Mata Sensitif Warna

Menurut penelitian yang dilakukan oleh John Werner, psikolog penglihatan Universitas Carifornia mengemukakan bahwa melihat sesuatu berwarna hijau dapat membuat mata sensitif terhadap variasi warna merah.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *