Arti Nama Orang Jawa yang Berawalan ‘Su’, Ternyata Memiliki Makna Luar Biasa

soekarno dan soeharto

TIPSTREN.com — Nama yang satu ini sering dipakai oleh orang yang berasal dari tanah jawa. Mulai dari Jawa Tengah sampai dengan Jawa Timur, kebanyakan, nama orang Jawa pasti diawali dengan kata ‘Su’.

Seperti Sukarno, Suharto, Supriyadi, Sutrisno, Suharmi, Suparno, sampai dengan Susilo. Istilah nama adalah doa memang sangat dipegang erat oleh orang Jawa.

Ternyata pada zaman dulu, orangtua sering memberi nama berdasarkan bahasa Sansekerta yang artinya sesuai dengan doa dan harapan mereka untuk anaknya kelak. Nama ‘Su’ juga diambil dari bahasa Sansekerta.

‘Su’ sendiri memiliki arti sangat, lebih, selalu, paling, unggul dan terbaik. Nama ini unisex, bisa digunakan untuk laki-laki maupun perempuan.

Bukan hanya ‘Su’ saja, tapi kata selanjutnya juga punya nama. Misalnya, nama Subagya diambil dari Su yang berarti paling, dan Bagya yang artinya bahagia. Subagya punya arti orang yang paling bahagia. Sugeng artinya orang yang namanya besar.  Sugeng jika dipisah berarti ‘Su’ dan ‘Ageng’.

Suharto sendiri memiliki arti orang yang paling banyak hartanya. Tidak hanya murni bahasa Sansekerta, orang Jawa punya kebudayaan yang dipengaruhi oleh budaya Tionghoa dan Arab.

Hal ini menghasilkan nama-nama orang Jawa juga sedikit banyak mengandung kata serapan dari kedua bahasa itu. Slamet, misalnya. Slamet adalah nama dari bahasa Arab ‘salam’ yang artinya kedamaian dan keselamatan.

Arti yang baik itulah, orangtua berharap anak mereka bisa seperti namanya. Sehingga orang Jawa kuno sering percaya dengan istilah “kabotan jeneng“. Kabotan jeneng artinya nama yang diberikan terlalu berat.

Doa dan harapan orangtua tidak cocok dengan keadaan anak-anak mereka. Anak-anak yang dipercaya mengalami “kabotan jeneng” ini harus dirubah namanya dengan prosesi adat seperti tumpengan bahkan diruwat.

Begitu istimewanya arti nama bagi orang Jawa dan filosofi di baliknya. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, lebih sedikit orang Jawa modern yang memberi nama berawalan ‘Su’ pada anak-anaknya. Namun, pedoman nama adalah doa masih terus dipertahankan.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *