Inilah Orang Pertama Pencetus Metode Cara Cepat Baca Al-Quran ‘Iqro’ yang Sudah Ada Sejak 1980

Buku Iqro

TIPSTREN.com — Dewan Pimpinan Pusat Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPP BKPRMI) berharap KH As’ad Humam dijadikan sebagai pahlawan nasional.

KH As’ad merupakan salah satu pelopor metode cepat belajar membaca Al Qur’an, yang populer sebagai metode Iqro. “BKPRMI menganggap layak (alm) KH As’ad Humam untuk diusulkan sebagai pahlawan nasional karena karyanya menciptakan metode cara cepat baca Alquran ‘Iqro’ yang telah digunakan tahun 80-an,” ujar Ketua Umum DPP BKPRMI Said Aldi Al Idrus.

Menurutnya, hasil karya KH As’ad Humam telah digunakan oleh seluruh lmbaga pendidikan Alquran, baik formal ataupun nonformal.

Metode iqro ini sudah mulai diperkenalkan di BKPMI dan BKPRMI dan pertama kali diacara Pelatihan Manajemen Dakwah (LMD) pada tahun 1989.

BKPRMI sudah menggelar safari dakwah akhir tahun dari tanggal 29 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018 ke daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Diketahui, Pahlawan Iqro KH As’ad Humam lahir pada tahun dan 1933 dibesarkan dan berkembang dalam kesehajaan dan kecintaan terhadap ilmu.

Niat yang besar untuk mengabdi kepada ilmu sudah ia buktikan dengan belajar langsung kepada KH Dachlan Salim Zarkasyi.

Jiwa berwiraswasta itu ia warisi dari kedua orang tuanya. Dari sinilah As’ad lantas mengenal Metode Qiroati, satu dari sekian metode baca Alquran yang sudah eksis lebih dulu.

Kegigihan dan keuletan As’ad mendorong gagasan-gagasan yang inovatif. Putra dari H Humam Siradj tersebut sudah menyusun sendiri pola-pola dan teknik belajar membaca Alquran.

Sempat mendapat penolakan dari sang guru, akhirnya ia merangkul para sahabatnya yang tegabung di Angkatan Muda Masjid dan Mushalla (Team Tadarus “AMM”) Yogyakarta untuk menyusun sendiri dengan pengembangan penggunaan metode Iqro’.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *