Tepat 1 Tahun Dibui, Ini 6 Hal yang Dilakukan Ahok Selama Dipenjara di Mako Brimob

ahok di mako brimob

TIPSTREN.com — Basuki Tjahaja Purnama, atau yang akrab dipanggil Ahok divonis bersalah dalam kasus dugaan penistaan agama.

Ahok divonis pada Selasa, 9 Mei tahun 2017 kemarin dengan masa hukuman penjara selama 2 tahun. Hari ini, Rabu (9/5/2018) tepat satu tahun setelah Ahok menjalani masa hukumannya.

Sebelum dipindahlan, Ahok pernah ada di rutan Cipinang, saat ini Ahok berada rutan Mako Brimob yang dipindahkan pada tanggal 10 Mei 2017.

Menjadi seorang tahanan di penjara sudah pasti akan membatasi ruang gerak serta segala aktifitas Ahok. Meski demikian, Ahok bukanlah orang yang suka berdiam diri.

Dalam ruang tahanan yang hanya berukuran 2×3 m, Ahok masih melakukan berbagai aktifitas. Berikut ini 6 aktifitas yang dilakukan Ahok selama satu tahun dipenjara Mako Brimob:

1. Menulis pesan pada buku Ahok di Mata Mereka

buku ahok di mata mereka

Dalam penjara, Ahok merilis sebuah buku berjudul Ahok di Mata Mereka dibuat oleh relawan dengan isi kesan dari 51 tokoh terkait Ahok yang mereka kenal.

Buku yang dibuat Ahok ini dijual secara eksklusif dan melalui sistem online oleh para relawan @timbtp. Setiap pemesan buku akan mendapat ucapan dari Ahok berikut tanda tangannya di bagian dalam buku tersebut.

Mantan Gunernur DKI Jakarta tersebut menjalani hari-harinya di tahanan dengan menulis pesan dan mebubuhkan tanda tangan bagi para pembeli buku.

Bahkan keuntungan yang didapat dari buku tersebut digunakan Ahok untuk tetap melakukan kerja sosial yang diteruskan oleh staf san @timbtp.

2. Melamarkan seseorang dari dalam penjara

lamaran dari ahok untuk calon mertua nicko

Cerita unik terjadi selama Ahok di dalam penjara, dia melamarkan seseorang yang tidak dia kenal sama sekali.

Salah seorang pria yang bernama Niko Atmaja memesan buku Ahok yang akan diberikannya sebagai kado untuk calon mertuanya.

Dia meminta pada @timbtp agar Ahok mau melamarkan Niko melalui tulisannya di dalam buku tersebut karena ayah Niko sudah meninggal dunia.

Ahok benar-benar melakukannya, dia menulis:

“Untuk Pak Frans Putu Samudra Baktinadi. Ijinkan saya mewakili (Alm) Wong Harry Atmaja meminta restu agar Nico boleh menikah dengan Francine”

Niko lalu benar-benar memberikan buku itu pada calon mertuanya. Tak hanya itu, Ahok juga beberapa kali memberi pesan mengenai prosesi lamaran semacam ini.

pesan lamaran dari ahok

3. Cek kesehatan dan potong rambut

tukang cukur ahok di mako brimob

Meski merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta, sebagai tahanan di Mako Brimob, Ahok juga mendapat perlakuan sama dengan tahanan lainnya yaitu pemeriksaan rutin.

Dia akan melakukan cek kesehatan yang sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh petugas Mako Brimob.

Tidak hanya itu, Ahok juga tetap potong rambut. Dia pernah mengatakan bahwa rambutnya rutin dipangkas oleh Pak Kumis yang merupakan tukang potong rambut Brimob. Dalam sehari, Pak Kumis bisa memotong rambut 30-40 anggota Brimob.

4. Belajar dan membaca buku

ahok dan djarot

Selain kegiatan diatas, kegiatan yang satu ini sering dilakukan Ahok di dalam sel. Ia suka membaca buku serta belajar berbagai bahasa.

Menurut kuasa hukum Ahok, I Wayan Sudirta, sehari-hari Ahok lebih sering membaca. Wayan tak tahu persis buku apa saja yang dia baca, tapi sudah banyak buku yang dibaca Ahok selama masa tahanan ini.

Ahok juga dikabarkan belajar berbagai bahasa asing melalui buku-buku tersebut.

5. Menulis

Ahok juga sering menulis mengenai pemikiran-pemikirannya atau pengalamannya selama di penjara.

Tulisan itu tidak dipublikasikan, hanya disimpan sendiri oleh Ahok. Namun, Wayan juga mengatakan mungkin kelak tulisan Ahok tersebut bisa dijadikan buku.

6. Olahraga

Semua tahanan Mako Brimob juga mendapat jadwal untuk berolahraga. Olahraga rutin seperti senam dan jogging kerap dilakukan Ahok.

Berolahraga membantu Ahok menjaga kebugaran tubuh sekaligus melepaskan penat. Dilansir dari Kompas, Ahok juga beberpaa kali melakukan latihan kungfu dan yoga, lo!

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *