Heboh! Ada Ojek Khusus untuk Mengangkut Jenazah

ojek jenazah

TIPSTREN.com — Foto-foto yang beredar di media sosial memperlihatkan gambar jenazah yang diantar ke pemakaman. Kejadian ini terjadi di Kongo dan menjadi viral di media sosial. Penyebabnya, jenazah diantar dengan cara yang tidak biasa, naik ojek motor.

Terlihat pada foto yang tersebar, jenazah didudukkan di belakang. Sedangkan si pengemudi  mengantarkan jenazah tersebut menuju ke pemakaman.

Melansir dari laman Naij.com, foto itu diunggah oleh pengguna Facebook bernama PK Kasrim. Jenazah tersebut dibungkus kain hijau dan diikat kawat untuk menjaganya agar tidak jatuh.

Menurutnya, pengemudi ojek memilih cara itu untuk mendapatkan uang tambahan. Bahkan mengantar jenazah dengan motor ke pemakaman jadi hal biasa di Kongo. Tetapi, Kasrim tidak menjelaskan alasan keluarga jenazah memilih cara itu.

Beberapa tahun lalu, praktik sama dilaporkan juga dilakukan banyak keluarga miskin di Uganda. Mereka mungkin tidak sanggup membayar sewa ambulans, atau mungkin untuk menghemat biaya pengurusan jenazah.

Praktik ojek jenazah ini memicu perdebatan di kalangan pengguna internet. Kebanyakan netizen menganggap kebiasaan di negara itu merupakan penghinaan terhadap jenazah.

Meskipun demikian ada juga yang mengatakan layanan ojek jenazah memberikan keuntungan yang lebih tinggi. Pengguna Facebook, Tam Jam, bahkan menyebut banyak pemuda di Afrika bekerja sebagai pengemudi ojek jenazah.

“Malah lebih menguntungkan daripada membonceng manusia hidup,” katanya.

Portal berita sde.co melaporkan seorang pria Uganda mengaku terpaksa menggunakan ojek jenazah karena tidak ada pilihan lain.

“Jadi kita tidak punya pilihan untuk membawanya ke pemakaman selain mengendarai sepeda motor. Tetapi untuk menghindari masalah, kita melakukannya di malam hari,” katanya.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *