Cerita Rakyat Indonesia Ini Masih Menjadi Cerita Favorit di Kalangan Anak-Anak

cerita rakyat
                                                          Cerita Rakyat

TIPSTREN.com – Indonesia selain memiliki kekayaan bahasa, tarian, dan juga makanannya. Negara ini juga memiliki kekayaan budaya bertutur (sastra lisan) yang menghasilkan cerita rakyatnya.

Orangtua sudah seharusnya memegang peranan dalam memperkenalkan cerita rakyat Indonesia kepada anak-anak.

Sudah banyak cerita-cerita rakyat Indonesia yang sudah ditulis ke dalam buku dan ditulis di situs dongeng. Bahkan cerita tutur dari generasi ke generasi ini memiliki cerita berbeda-beda pada setiap kota atau kabupatennya masing-masing.

Contohnya seperti kisah Pulau Senua (Kapulauan Riau), Kembang Barenteng (Kalimantan Selatan), Tadulako Bulili (Sulawesi Tengah), dan kisah Batu Menangis (Kalimantan Barat).

Pesan cerita diatas ternyata masih relevan untuk diambil pelajarannya oleh anak-anak hingga saat ini.

Dari cerita rakyat, ada banyak pesan positif yang bisa Anda tularkan kepada anak, misalnya saja pesan kasih sayang dari cerita Timun Mas yang berasal dari (Jawa Tengah).

Pada cerita Timun Mas dikatakan bahwa Timun Mas adalah anak angkat Mbok Srini, meski demikian kasih sayang antara mereka sangatlah kuat. Hal ini tergambar ketika raksasa datang menagih janji Mbok Srini untuk menyerahkan Timun Mas.

Selain cerita Timun Mas, Anda sebagai orang tua juga dapat menyampaikan pentingnya semangat tekun berusaha kepada anak lewat cerita dongeng Kembang Barenteng.

Kisah Kembang Barenteng ini menceritakan Putri Raja Nini Randa yang terusir ke hutan. Konon untuk bertahan hidup, ia harus menanam berbagai jenis bunga di hutan.

Dengan ketekunan dan kerja kerasnya, akhirnya bunga-bunga bermekaran sehingga bunga dapat dijual dan akhirnya menjadi properti wajib ritual adat.

Ada juga kisah Rambun Pemanen juga bisa Anda angkat untuk mencontohkan keberanian seorang anak dalam menyelamatkan ibunya dari raja yang lalim.

Cerita tersebut memberikan pesan ke anak-anak, yaitu untuk belajar berani melakukan hal-hal baik.

Selanjutnya, selain cerita rakyat, Anda pun dapat memanfaatkan cerita dalam dongeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak.

Prihatin dengan kondisi saat ini, KPK turun tangan membuat dongeng KPK yang mengandung pesan kejujuran dan sportivitas.

Dongeng KPK menceritakan kisah Kakek Tulus yang memiliki peternakan yang dihuni oleh beberapa binatang, seperti ayam, kelinci, dan kambing. Suatu kali Cici kelinci memecahkan beberapa telur ayam, tetapi ia takut mengakui kesalahannya.

Karena melihat pak Jago memarahi teman-teman, akhirnya Cici mengaku bersalah. Dari cerita ini, Anda bisa menanamkan kepada anak untuk berani bertanggung jawab dan mengakui kesalahan yang mereka lakukan.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *