Pria Penemu Senjata AK-47 Ini Menyesali Atas Penemuannya, Ada Apa?

mikhail

TIPSTREN.com — Nama salah satu senjata terkenal adalah AK-47. Senjata ini berasal dari ‘Avtomat Kalashnikov’ atau ‘Automatic Kalashnikov’, dan sering disebut juga sebagai ‘Kalashnikovs’. Saat ini, senapan tersebut tetap menjadi salah satu merek paling terkenal milik Rusia.

Sudah sekitar 100 juta senapan AK-47 ini diproduksi sejak awal dirilis. Kemampuannya menjadikannya sebagai salah satu senjata favorit bagi berbagai kelompok bersenjata, dari militer hingga teroris.

Namun, sang pencipta senjata Kalashnikov kemudian mengungkapkan penyesalan atas mereka yang menggunakan penemuan berharganya tersebut. “Sangat menyakitkan bagi saya untuk melihat berbagai orang kriminal menggunakan senjata saya,” kata Kalashnikov, ujar sebuah laporan Reuters.

Setelah berhasil mengembangkan senjata AK-47, Kalashnikov bekerja menciptakan senjata api lainnya. Ia kembali merancang beberapa jenis senapan mesin dan akhirnya meraih pangkat jenderal. Kalashnikov dianggap sebagai harta nasional bagi negara Rusia.

Pada tahun 2004 silam, sebuah museum didirikan sebagai bentuk penghormatan padanya, di Izhevsk, sebuah kota Rusia yang memproduksi banyak senjata rancangan Kalashnikov. Sang pembuat juga memperluas mereknya pada tahun yang sama dengan menggunakan nama terakhirnya untuk nama vodka.

Meskipun usia sang penemu sudah semakin menua, Kalashnikov bekerja sebagai konsultan untuk mengembangkan kesepakatan senjata. Ia juga menulis beberapa buku, termasuk otobiografi. Pada 2009, Kalashnikov merayakan ulang tahunnya yang ke-90 pada sebuah acara khusus di Central Russian Army Museum.

Terdapat beberapa laporan yang bertentangan dengan kondisinya saat itu, tetapi secara umum kesehatannya memang sedang ringkih. Kalashnikov kemudian wafat pada 23 Desember 2013 di usia 94 tahun.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *