Misteri Lubang Besar yang Tiba-tiba Muncul di Gunung Kidul, Yogyakarta

lubang di gunung kidul

TIPSTREN.com — Sampai saay ini, warga yang berada di Kecamatan Ponjong, Gunung Kidul, Yogyakarta, masih resah dengan kemunculan empat lubang yang berada di tengah ladang warga.

Hingga kini ada beberapa titik lubang yang kemudian diketahui sebagai fenomena tanah karst ini semakin melebar.

Kemunculan lubang misterius tersebut salah satunya ada di Dusun Pringluwang, Desa Bedoyo. Salah satu lubang berada di lahan pertanian milik Suyatmi yang sudah ambles sejak dua bulan terakhir. “Tanahnya ambles sejak November akhir tahun lalu saat hujan deras itu.

Luas lubang itu sendiri hanya sekitar 5 meter, dalamnya hanya 2 meter. Saat ini luasnya sudah sampai 10 meter, kedalaman sekitar 5 meter,” katanya.

Meluasnya lubang misterius di lahan pertanian produktif miliknya itu hingga kini belum ada penanganan dari pemerintah. Dirinya hanya secara mandiri memasukkan tanah dan bahan lainnya.

Bahkan, tidak jauh dari lokasi lubang tersebut, sekitar 300 an meter, lahan milik Sakino juga mengalami hal yang sama. Lubang atasnya berdiamer sekitar 1,5 meter muncul sejak seminggu terakhir.

Lubang serupa sebenarnya sudah pernah muncul di ladangnya, tetapi hanya sekitar 2 meter dari lokasi saat ini. Lubang pertama muncul sekitar 10 tahun lalu dan sudah bisa tertutup.

Sementara itu, Sekretaris Desa Bedoyo Supanto mengatakan, saat ini yang tercatat ada amblasan di Dusun Pringluwang dua titik, Surubendo satu titik dan di Bulak Songjembul satu titik. “Total ada empat titik yang mengalami amblesan di desa kami, “ucapnya.

Dia mengatakan sudah mengomunikasikan kejadian ini dengan pihak kepolisian untuk memasang garis polisi. Ia menduga, amblesnya tanah tersebut karena pengaruh hujan yang tinggi.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *