Ini Bahaya Mengkonsumsi Melon Australia yang Mengandung Bakteri Listeria

melon australia

TIPSTREN.com — Melon yang berasal dari Australia terbukti mengandung listeria yang menyebabkan infeksi pencernaan berat. Bahkan, di New South Wales, tiga orang meninggal dunia akibat makan buah ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, dr. H. M. Subuh, MPPM. Ia menjelaskan, bakteri Listeria monocytogene diklasifikasikan sebagai bakteri gram-positif. Sementara itu, 1-10% manusia mungkin memiliki listeria ini di dalam ususnya.

Bakteri yang ada di buah melon ini menyebar luas di lingkungan dan mudah ditemukan di tanah, pakan ternak yang dibuat dari daun-daunan hijau yang diawetkan dengan fermentasi.

Tak terkecuali dengan salah satu buah melon yang memicu penularan listeria yang membahayakan. Listeria sendiri mudah berkembang biak, termasuk pada makanan yang disimpan di lemari pendingin.

Bakteri ini membentuk biofilm, yakni terbentuknya lapisan lendir pada permukaan makanan,” terang Subuh lewat keterangannya.

Listeria monocytogenes merupakan suatu bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius. Penyebarannya mudah dialami oleh orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Subuh menambahkan, orang sehat juga dapat terinfeksi bakteri listeria. Kalau terpapar bakteri ini, orang akan mengalami gejala seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut dan diare. Gejalanya muncul antara 3-70 hari setelah terpapar bakteri. Penyakitnya disebut dengan istilah listeriosis.

“Bakteri listeria dapat menyerang sistem saraf pusat, sehingga menyebabkan meningitis atau infeksi otak,” pungkasnya.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *