Tagar #2019GantiPresiden Ramai di Media Sosial, Begini Tanggapan Jokowi

#2019GantiPresiden

TIPSTREN.com — Media sosial diramaikan dengan tagar ‘2019 Ganti Presiden’. Hal ini sudah viral sejak seminggu terakhir.

Tagar tersebut menjadi viral usai Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera Mardani Ali Sera menggaungkan tanda pagar itu lewat akun Twitter pribadinya.

Ali menyebut gerakan ini merupakan gerakan sah, legal, dan konstitusional dalam rangka mewujudkan amanat UUD 1945 Pasal 22 E yang menyebut pemilihan presiden dan wakil presiden diselenggarakan lima tahun sekali.

Meski demikian, Ali mengakui jika slogan tersebut terkesan ekstrem, namun ia menilai hal itu diperlukan untuk mendidik masyarakat dalam berpolitik.

Usai tagar tersebut viral, banyak kaus dengan tulisan ‘#2019GantiPresiden’ pun banyak dijual. Keberadaan kaus itu pun tak kalah viral.

Namun, usai viralnya tagar tersebut ditanggapi oleh Presiden Joko Widodo dengan santai. Jokowi tidak mautambil pusing terkait hal tersebut.

Pada acara Konvensi Nasional Galang Kemajuan Tahun 2018 di Ballroom Puri Begawan, Bogor, Sabtu (7/4/2018), Presiden Jokowi sempat berkomentar singkat mengenai hal itu.

Dengan nada bercanda, Jokowi mengatakan

“Masa dengan kaos bisa ganti presiden,” kata Jokowi diikuti tawa dari peserta acara.

Jokowi melanjutkan, kaos dengan hashtag itu tidak bisa mendorong pergantian Presiden.

Menurutnya hanya ada dua yang bisa mendorong pergantian Presiden, yakni kehendak rakyat dan Tuhan.

“Yang bisa ganti Presiden itu rakyat. Kalau rakyat berkehendak ya bisa, kalau rakyat nggak mau ya nggak bisa. Yang kedua, ada kehendak dari Allah SWT,” ucapnya.

Video pernyataan Jokowi tersebut dengan cepat beredar di media sosial.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *