Ini Jadwal Sidang Isbat dan Lokasi Pemantauan Hilal di Seluruh Indonesia untuk Awal Ramadhan 1439 H

hilal

TIPSTREN.com — Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan kehadiran bulan suci Ramadan 1439 H. Agar bisa menentukan tanggal kapan umat Islam akan menjalankan ibadah puasa, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat.

Berikut ini berbagai kegiatan yang dilakukan Kementerian Agama untuk menentukan Ramadhan 1439 H:

1. Sidang Isbat Dilakukan Selasa Depan

Menentukan kapan awal dimulainya Ramadan 1439 H, pihak Kemenag akan menggelar sidang isbat pada Selasa (15/5) depan yang dimulai pada pukul 16.00 WIB.

Hal tersebut diungkap oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, A Juraidi.

2. Pemantauan Hilal Seusai Shalat Magrib dan Dilaksanakan Tertutup

Junaidi menyebut sidang akan diawali oleh pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1439 H.

Sementara proses sidang isbat digelar secara tertutup selepas salat magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

“Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang,” ujar Junaidi dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis (10/5).

Sidang isbat akan dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

3. Lokasi Pemantauan Hilal

Lebih lanjut Direktur Urais Binsyar Kemenag tersebut juga, merincikan titik pemantauan hilal yang akan dilakukan di 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia.

“Di Aceh di 7 lokasi salah satunya di Tugu “KM. 0” Indonesia, Kota Sabang, lalu di Lampung di 2 lokasi yakni POB Bukit Gelumpai Pantai Canti Kalianda dan POB Pekon Ratu Agung Pesisir Barat,” paparnya.

Kemudian DKI Jakarta pemantauan digelar di 4 lokasi yakni Gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta lt. 7; Masjid Al-Musyari’in Basmol Jakarta Barat; Pulau Karya Kep. Seribu; dan DKM Masjid KH. Hasyim Asyari

Sementara untuk Jawa Barat di 8 lokasi yakni Pusat Observasi Bulan Pelabuhan Ratu Kab. Sukabumi; Bosscha Lembang Bandung, Kab. Bandung Barat; Gunung Babakan Kota Banjar; LAPAN Santolo Garut; Pantai Cipatujah Tasikmalaya: Pantai Gebang Cirebon; SMA Astha Hannas, Binong, Kab. Subang; dan Pantai Pondok Bali Pamanukan Kab. Subang

Selain itu, masih ada sejumlah titik yang akan menjadi lokasi pemantauan hilal. “Hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama,” tutup dia.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *