Adat Unik di Provinsi Sinchuan, China Ini Mengharuskan Pengantin Wanita Menangis Selama 30 Hari Sebelum Pernikahannya

pengantin wanita

TIPSTREN.com — Seharusnya kedua mempelai akan gembira dan terlihat sumringah jelang hari pernikahannya. Namun di China, sang pengantin dan keluarganya akan menangis selama 30 hari sebelum menikah.

Hal tersebut dikarenakan tradisi dan pernikahan Suku Tujia di China yang dikenal sebagai “Zuo Tang” (artinya duduk bersama di aula). Dan sang pengantin wanita wajib menangis selama kurang lebih 1 jam setiap harinya selama 30 hari berturut-turut sebelum hari H pernikahannya.

Sang calon pengantin wanita awalnya sendiri yang menangis. Sang wanita akan menangis di aula atau di bagian ruang keluarga rumah. Setelah 10 hari berselang menangis sendirian, ibunya akan datang menemani dan mereka akan menangis berdua.

Lalu pada 10 Hari kemudian, sang nenek akan menyusul ibu dan calon pengantin wanita. Sang nenek akan bergabung, kemudian mereka akan menangis bertiga. Durasinya sama, sekitar 1 jam saja per malamnya.

Selanjutnya pada 10 hari terakhir, barulah saudara-saudara perempuan sang calon pengantin wanita, serta bibi-bibinya akan turut bergabung. Jadilah semua wanita dalam keluarga sang calon mempelai wanita menangis bersama-sama.

Tradisi unik tersebut ternyata mempunyai sejarahnya. Dahulu, sekitar tahun 221-475 Sebelum Masehi, ketika periode perang berdiri kerajaan Zhao dan Yan. Putri mahkota dari kerajaan Zhao diwajibkan untuk menikah dengan pangeran dari Kerajaan Yan.Sang ibu seperti tidak rela putrinya menikah, dan terus menangisi sang putri.

Bahkan dia sampai menangis di kaki sang putri dan berharap dia kembali ke Kerajaan Zhao sesegera mungkin. Dari situlah tradisi ini bermula.

Tangisan sebelum pernikahan ini ternyata tidak asal menangis. Acara menangis massal akan diiringi oleh lagu sedih yang disebut sebagai ‘Lagu Tangisan Pernikahan’. Lagu ini sudah seperti hymne yang mengiringi tradisi tersebut.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *