Pilot Merokok di Kokpit, Penumpang Panik Masker Oksigen di Kabin Keluar

masker oksigen pesawat

TIPSTREN.com — Maskapai penerbangan bernama Air China dengan nomor penerbangan CA106 melakukan perjalanan dari Hong Kong ke kota Dalian, timur laut China.

Ketika di tengah perjalanan, pesawat kehilangan tekanan udara dan turun dari ketinggian 32.800 kaki ke 13.100 kaki hanya dalam waktu kurang dari sembilan menit Selasa (10/7/2018).

Akibat insiden ini, masker oksigen tidak sengaja turun dari tempatnya dan membuat seluruh penumpang kaget.

Meski demikian, pesawat Boeing 737 yang membawa 153 penumpang dan sembilan awak ini mendarat dengan selamat, namun regulator penerbangan sipil China akan melakukan penyelidikan.

Pihak Air China mengatakan bahwa pada hari Rabu (11/7/2018), awak pesawat sedang diselidiki oleh Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC).

“Jika penyelidikan menemukan perilaku awak yang telah melanggar aturan dan peraturan, kami akan secara serius menghukum mereka yang dianggap bertanggung jawab,” ujar perusahaan penerbangan itu dalam sebuah pernyataan.

CAAC mengatakan para penyelidik telah memeriksa pesawat dan menanyai para awak.

Dalam sebuah video yang diperoleh oleh Beijing News, seorang pramugari terlihat berjalan menyusuri lorong untuk memeriksa penumpang, beberapa dari mereka mengenakan masker oksigen.

Hoby Sun, seorang penumpang memberitahu CNN informasi mengenai data ketinggian penerbangan hingga semua orang mengenakan masker oksigen.

“Saya tidak terlalu memikirkannya pada saat itu. Kami tidak tahu apa yang sedang terjadi, begitu juga dengan pramugari,” katanya kepada CNN pada hari Kamis.

Pada Kamis (12/7/2018), beberapa media pemerintah China melaporkan bahwa terlah terjadi pelanggaran di kokpit pesawat.

Diduga, polot merokok di kokpit dan secara tidak sengaja menekan tombol yang salah sehingga pesawat turun dari ketinggian.

Karena kehilangan tekanan kabin, masker oksigen pun keluar secara otomatis dan lampu mati.

Setelah menemukan kesalahan mereka, awak menghidupkan kembali saklar. Dan pesawat naik ke sekitar 24.600 kaki.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *