Tak Lagi Impor, Indonesia Akhirnya Memproduksi Rubber Airbag Sendiri

Rubber Airbag

TIPSTREN.com — Rubber airbag memiliki berbentuk menyerupai kantung berbahan karet berisi udara. Kantung yang saat ini Indonesia sudah memproduksi sendiri berfungsi sebagai landasan yang membantu peluncuran kapal.

“Selama ini kita impor dari China,” kata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto. “Maka kita coba kerjasama dengan industri agar bisa membuat sendiri,” tambahnya.

Direktur Pusat Teknologi Material BPPT, Aris Riswoko, mengatakan, upaya lembaganya untuk membuat rubber airbag dimulai sejak tahun 2015. “Meskipun terlihat sederhana, pembuatan rubber airbag rumit sebab kita harus membuat agar karet dan lapisannya bisa menahan beban kapal hingga 1600 ton,” ujarnya.

Sebelum melakukan pembuatan sendiri, ujicoba mengolah karet dan mencampurnya dengan bahan lain, BPPT yang bekerjasama dengan PT Samudra Luas Paramacitra sampai akhirnya bisa membuatnya.

Membuat Rubber airbag merupakan salah satu cara BPPT untuk memanfaatkan karet alam. Asep mengatakan, saat ini BPPT tengah berusaha mengolah karet menjadi vulkanisir pesawat.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *