Kerap Makan Korban Jiwa, Kini Tanjakan Emen Ganti Nama

tanjakan emen

TIPSTREN.com — Sudah sering terjadi kecelakaan yang menimpa korban jiwa di tanjakan emen membuat Kementerian Perhubungan bersama Komisi IV DPRD Jawa Barat, Jasa Raharja, Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sepakat untuk mengubah nama.

Melansir dari Viva, istilah jalan yang tadinya disebut Tanjakan Emen akan dirubah menjadi Tanjakan Aman. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi.

Dalam kesempatan tersebut, elemen masyarakat, pemerintah dan Kepolisian melakukan doa bersama dengan masyarakat sekitar guna mendoakan korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi Sabtu lalu.

“Kemudian untuk selanjutnya kami pihak pemerintah sepakat untuk mengganti nama Tanjakan Emen menjadi Tanjakan Aman. Ucapan adalah doa dan mudah-mudahan doa kita terkabul dan daerah sini menjadi daerah yang bebas dari kecelakaan lalu lintas,” kata Budi melalui keterangan tertulis, Kamis, 15 Februari 2018.

Budi mengatakan, pihaknya akan menambah fasilitas keselamatan jalan di daerah tersebut. Seperti rambu chevron, pita penggaduh (rumble strips) dan lampu peringatan.

Rambu chevron ini biasa disebut sebagai rambu pengarah tikungan karena memang memiliki fungsi untuk memperingatkan pengendara bahwa jalan di depannya merupakan jalan yang menikung.

Tujuan dari digantinya nama jalanan ini bertujuan agar jalan ini tidak lagi memakan korban jiwa. Diketahui, sudah bertahun-tahun banyak kendaraan yang terperosok saar melintas tanjakan emen. Terakhir, tanjakan ini memakan korban 27 orang yang berasal dari Tangerang.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *