Wow! Meskipun Memiliki Postur Kecil, Burung Ini Mampu Membuat Sarang Seberat 1 Ton!

Burung Sociable

TIPSTREN.com — Pasti kalian sudah sering melihat sarang burung yang ada di pohon maupun yang ada di genteng rumah. Sarang yang dibuat mungkin tidaklah besar.

Namun, salah satu sangkar burung yang membuat orang tercengang adalah sangkar yang dibuat oleh burung sociable weaver atau burung penenun.

Burung penenun ini merupakan burung kecil dengan kemampuan membuat sarang yang mengagumkan. Burung ini dikenal membuat sarangnya yang besar.

Burung tersebut mampu membuat sarang yang sangat besar. Jika dibandingkan dengan satu burung penenun, besarnya sarang burung ini berukuran ratusan bahkan ribuan kali lipat dari ukuran mereka.

Pada saat membuat sarang yang begitu besar, tentunya burung penenun tidak bekerja sendirian. Mereka saling bekerja sama untuk membangun sarang-sarang tersebut.

Sarang Burung

Pada sarang raksasa tersebut bisa dihuni oleh ratusan burung penenun. Mereka juga membangun ruang di dalamnya sehingga mereka tidak bergerombolan di dalam sarang.

Sangkar burung penenun memiliki berat sampai dengan 1 ton yang mereka buat di sebuah pohon besar.

Burung

Karena berat sarang tersebut, tidak jarang sebuah pohon besar menjadi patah karena beratnya sarang yang mereka buat. Menariknya, hanya burung penenun jantan yang melakukan pekerjaan membuat sarang.

Membangun sarang untuk bersama juga merupakan salah satu perlindungan mereka dari predator yang mengancam nyawa mereka.

Sarang besar tersebut ternyata memiliki umur yang cukup lama. Sarang mereka bisa tahan hingga bertahun-tahun, sehingga tidak jarang burung penenun tinggal di sarang yang sudah pernah dibuat.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *