8 Tips Agar Berhijab Tidak Membuat Gerah

Berhijab sekarang tidak lagi menghalangi karir dan aktifitas Anda. Bsudah banyak para designer yang mendesign berbagai model hijab agar nyaman dikenakan setiap harinya. Dari mulai yang simpel sampai yang mewah. Semuanya di sesuaikan dengan selera dan di design kekinian.

Namun, bagi pemula yang dalam rangka bertahap menggunakan hijab, tentunya mengalami beberapa hambatan dikarenakan belum terlalu menemukan kenyamanan dalam memnggunakan hijab. Khususnya merasa gerah.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda coba guna membuat anda berhijab jadi nyaman dan tidak gerah:

Baca juga: Beginilah Caranya Jika Ingin Nyaman Berpergian Menggunakan Hijab!

1. Keramas 3-4 kali
Keramas yang rajin 3-4 kali dalam seminggu. Ini akan meminimalisisr kuman pada kulit kepala anda, dan membuat kepala Anda jadi fresh.

2. Keringkan rambut
Yang paling utama untuk menjaga udara didalam hijab adalah dengan mematikan rambut telah kering. Pasalnya, rambut yang basah akan ‘menjebak’ kelembapan udara di dalam kain sehingga kepala akan terasa panas dan gerah.

3. Ambil wudu
Wudu yang biasa dilakukan lima kali sehari merupakan bentuk penyegaran diri dengan air. Setelah melepas hijab dan berwudu, Anda pasti akan merasa lebih segar setelah air menyentuh kulit dan wajah. Setelah wudu, coba basahi telapak tangan dengan air dan tepuk bagian belakang leher untuk kesegaran instan. Namun jangan lupa untuk segera di kerinkan lagi jika sudah merasa fesh kembali. Agar keringat yang disebabkan bakteri tidak menimbulkan iritasi kulit.

4. Lepas hijab
Ini bukan untuk selamanya. Cobalah membuka hijab selama 5-10 menit saja ditempat yg aman dari pandangan pria, biarkan udara atau angin menyentuk kepala dan leher. Atau, coba untuk melepas ikatan rambut selama beberapa waktu agar kepala terasa lebih ringan.

5. Kipas angin mini
Jika tengah berada di tempat umum yang tidak ada AC atau kipas angin, bawa saja versi mininya. Kini sudah tersedia berbagai model kipas angin dan AC mini yang mudah dibawa ke mana-mana. Tujukan ke arah dalam hijab supaya meneringkan keringat dan memberikan sensai dingin.

6. Kenakan hijab katun
Untuk negara dengan iklim tropis seperti di Indonesia, hijab berbahan katun memang yang paling terasa sejuk. Pasalnya hijab bahan tersebut menyerap banyak keringat daripada bahan lain seperti polyester, rayon, sifon, atau satin.

7. Pilih hijab Instan
Jika Anda belum terbiasa menggunakan hijab yang berfariasi, Anda dapat menggunaka hijab instan atau bergo. Ini memudahkan Anda dalam beraktifitas sehingga tidak menggangu.

8. Kenakan topi
Jika cuaca sedang panasi, Anda bisa memakai topi lebar. Topi itu akan membantu melindungi wajah dari teriknya sinar matahari. atau bisa juga mengenakan payung lipat

 

(Fidah)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *