Ternyata Buah Durian Ampuh Obati Penyakit Ini

durian

TIPSTREN.com — Buah yang satu ini biasanya menjadi rebutan orang-orang saat musim buah durian.

Meski memang tidak semua orang yang mau mengkonsumsi buah berisi warna kuning ini. Sebagian orang takut untuk makan buah durian.

Buah ini memiliki rasa yang manis, aroma dari buah durian cukup merangsang dan membuat sebagian orang yang tak menyukainya.

Bau pada durian yang terlalu menyengat itu berasal dari senyawa propanatiol (sejenis belerang), ester etil alfa metilbutirat serta sederet senyawa lainnya.

Durian merupakan tanaman asli Indonesia, dinamakan demikian karena seluruh tubuhnya penuh duri. Durian merupakan buah musiman.

Biasanya di daerah Jawa dan Sumatera, musim durian jatuh pada sekitar bulan Oktober hingga Februari.

Kandungan kalori durian cukup tinggi, 100 g daging buahnya terdapat 150 kalori atau setara dengan 3 buah apel.

Juga mengandung protein (2,7 g), karbohidrat (27,9 g), kalsium (40 mg), fosfor, karoten, kalium, natrium, zat besi (1,9 mg), vitamin C (23,3 mg), thiamin, niasin, riboflavin, arginin, serta sejumlah fitokimia.

Ada beberapa manfaat buah durian untuk sembuhkan penyakit. Hal ini berasal dari senyawa nitrogen pada durian yang signifikan berasal dari asam amino yang diperlukan untuk pembentukan protein.

Tak hanya itu, senyawa asam aminonya, antara lain sistin dan methionin bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan kuku, sementara methioninnya saja membantu memperbaiki fungsi hati dan ginjal.

Lisin, leusin, isoleusin pada durian dapat membantu penyerapan kalsium sehingga mengoptimalkan pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot, dan meningkatkan kewaspadaan.

Secara empiris, durian merupakan “obat” rematik. Menurut para penderita rematik merasa nyeri tulangnya berkurang setelah makan durian.

Mungkin hal ini disebabkan karena durian mengandung valin dan prolin yang dapat memperbaiki fungsi sendi dan tendon serta membantu penyembuhan luka. Durian juga mengandung asam malik yang dapat membantu kelancaran proses pencernaan.

Tapi meskipun ampuh dalam meredakan nyeri otot atau rematik, buah durian juga dilarang dikonsumsi untuk beberapa penyakit.

Berikut ini 8 penyakit yang harus diwaspadai agar tidak mengkonsumsi buah durian:

Waspadai:

1. Penderita Hipertensi

Penderita hipertensi perlu hati-hati dengan buah durian ini karena kandungan alkohol, fosfor dan natriumnya tinggi tapi kadar kaliumnya rendah sehingga dapat meningkatkan tekanan darah.

2. Jangan Berbarengan dengan Alkohol

J.R. Croft dalam bukunya mengingatkan agar makan durian jangan berbarengan dengan alkohol karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

3. Sembelit

Kandungan kalsium dan zat besi pada durian cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan sembelit. Padahal, sebenarnya durian mengandung cukup serat yang seharusnya melancarkan buang air besar.

4. Kalori

Mereka yang berniat menurunkan berat badan perlu hati-hati karena kadar kalori pada durian cukup tinggi.

5. Kadar Gula

Kadar gula yang cukup tinggi pada durian, juga perlu diwaspadai oleh para penderita diabetes.

6. Diare

Kebanyakan makan durian dapat mengakibatkan tubuh terasa lemas, diare, dan mual gara-gara kandungan argininnya.

7. Dehidrasi

Para ahli mengingatkan agar sebelum dan sesudah makan durian harus banyak minum air untuk mencegah dehidrasi.

8. Tak boleh terlalu banyak dikonsumsi

Untuk itu, hati-hati bagi para penggemar durian, lebih baik cukup mengobati kangen dengan makan secukupnya saja, daripada harus berurusan dengan penyakit sesudahnya.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *