10 Buah Dapat Tingkatkan Kualitas Sperma

Kualitas kesuburan seorang pria turut menentukan harapan dan peluang memiliki keturunan. Kesuburan seorang lelaki ditentukan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah kualitas sperma.

Menurut pakar Andrologi dan Seksologi, Prof Dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAAC, untuk dapat membuahi sel telur, diperlukan kualitas sperma yang baik. Jumlah yang cukup banyak bukan satu-satunya jaminan karena tak jarang sperma yang ada lemah, bahkan mandul.

Baca juga: Pria, Penting Jaga Makanan dan Gaya Hidup Agar Sperma Tetap Berkualitas

Namun jangan khawatir, sebagaiamana tipstren terlah merangkum dari berbagai sumber, berikut cara meningkatkan kualitas sperma bisa Anda mulai dengan cara alami, yaitu banyak mengkonsumi 10 buah-buahan yang kaya akan manfaat ini:
1. Pisang
Pisang yang memiliki rasa daging yang begitu menyejukan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama, penunda rasa lapa yang kaya akan kandungan vitamin A dan serat alami. Pisang juga ternyata memiliki kandungan kaya serat dan antioksidan yag baik untuk menambah libido atau gairah seksual, memunculkan kembali gairah seksual yang hilang, menambah jumlah sperma dan meningkatkan kualitas sperma. Pisang tak hanya kaya akan serat, kandungan vitamin lainnya, seperti potassium dan vitamin B seperti ribaflavin yang berfungsi sebagai penambah energi tubuh.

2. Tomat
Bagi para pria yang memiliki masalah kesuburan tidak ada salahnya Anda mencoba mengkonsumsi tomat. Karena dalam tomat terkandung senyawa tertentu yang bisa membuat sperma Anda berkualitas. Khasiat tomat untuk meningkatkan kualitas sperma tetap bisa Anda dapatkan. Anda bisa mengkonsumsi tomat dengan memakannya dalam bentuk buah segar, direbus, jus tomat, atau sambal dan saus tomat. Semakin merah warna tomat, semakin besar manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan kualitas maupun jumlah sperma yang dihasilkan pria.

3. Alpukat
Alpukat selama ini kita kenal sebagai buah untuk di jus dan dijadikan minuman ringan.ternyata setelah dilakukan penelitian alpukat mempunyai kandungan yang baik sekali untuk meningkatkan kualitas Sperma. Menurut para peneliti alpukat mempunyai kandungan anti oksidan yang terbukti memberikan lebih banyak manfaat di bandingkan kopi dan teh. sperma yang memiliki lapisan antioksidan di permukaannya akan lebih mudah mencapai sel telur. Tanpa adanya lapisan antioksidan, sperma akan dianggap benda asing sehingga kehadirannya akan selalu ditolak oleh sistem kekebalan pada tubuh wanita.

4. Mangga dan Apricot
Selain buah alpukat yang kaya akan antioksidan, buah mangga dan apricot juga baik dikonsumsi untuk meningkatakan kualitas sperma laki-laki. Seperti dilaporkan Sidney Morning Herald, penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Ecology itu menegaskan bahwa apricot dan mangga merupakan buat yang kaya antioksidan. Sperma pria yang sarat antioksidan memiliki peluang tinggi untuk mencapai ovarium dan membuahi sel telur.

5. Strawberry
Buah yang kecil, manis, imut dan sedikti asam ini ternyata ampuh untuk meningkatkan gairah seksual pada pria. Selain itu juga kandungan zinc dan vitamin C yang terkandung didalam buah strawbery dapat meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kelincahannya bergerak dalam menembus sel telur.

6. Semangka
Buah semangka yang lezat dan segar adalah salah satu buah yang juga dapat meningkatkan kesehatan reproduksi pria. Semangka mengandung lycopene yang memiliki sifat melawan penyakit yang tak tertandingi dan melindungi sperma-sperma Anda dari kerusakan sel. Semangka juga ditemukan mengandung citruline yang bertindak sebagai obat disfungsi ereksi, meningkatkan fungsi peredaran darah yang membantu dalam menjaga ereksi agar lebih kuat.

7. Nanas
Bagi wanita dengan mengkonsumsi nanas mungkin akan menimbulkan keputihan, tapi tidak bagi pria, yang mana justru akan mengobati pria yang memiliki masalah sperma encer, dan dengan mengonsumsi buah nanas merupakan salah satu solusinya. Hal ini karena kandungan vitamin C dalam buah nanas mampu membuat sperma lebih wangi dan juga lebih kental.

8. Rambutan
Seperti kita ketahui bahwa vitamin C sangat baik bagi untuk pembentukan sperma pada pria. Maka dengan kekurangan vitamin C secara otomatis dapat menyebabkan kualitas sperma yang dihasilkan menjadi menurun. Dan salah satu sumber vitamin C terbaik pada buah-buahan terdapat pada buah rambutan. Mengapa demikian? Karena dengan mengonsumsi vitamin C yang terkandung dalam buah rambutan sebanyak 500 mg saja maka akan dapat meningkatkan kualitas sperma.

Baca juga: Tak Hanya Segar, Ternyata Rambutan Kaya Akan Manfaat Lho

9. Buah Beri
Buah beri yang berbentuk kecil ini memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat menghambat produksi dan kualitas sperma, jadi kaum pria juga sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi buah beri.

10. Melon
Buah melon yang sering dikonsumsi oleh banyak orang indonesia ini memiliki bnayka manfaat, selain rasanya yang segar dan ringan, buah melon juga baik untuk kuaitas sperma. Sebuah penelitian yang dilakuakn di Harvard menunjukan bahwa buah melon dapat pula meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma.

(Fidah)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *