Waspada Bahaya Bungkus Gorengan dengan Memakai Kertas Bekas Koran atau Majalah

bungkus gorengan

TIPSTREN.com — Pernahkah kalian pernah membeli gorengan di pinggir jalan? Ya, biasanya saat membeli gorengan diberikan bungkus yang merupakan kertas bekas dari koran atau majalah.

Ada baiknya Anda tidak lagi membeli gorengan dengan memakai bungkus kertas bekas koran atau majalah. Karena, ada beberapa dampak yang akan dirasakan ketika memakan gorengan dengan kertas bekas koran.

Hal tersebut dikarenakan jika tinta tersebut menempel pada gorengan dan termakan, bukan tidak mungkin kita akan mengalami gangguan pencernaan.

Lalu, jika tertimbun dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama, bisa jadi timbal tersebut akan merusak ginjal atau yang lebih parah bisa membentuk sel kanker. Lantas, apa alas yang benar untuk meniriskan gorengan?

1. Kertas merang

Bisa juga disebut kertas buram. Kertas jenis ini bisa kita pakai sebagai alas untuk gorengan. Meski kelihatannya licin, tapi kertas ini bisa menyerap minyak dengan baik, lho.

Dengan begini, kita tidak perlu khawatir minyak akan menggenang pada wadah dan membuat bagian bawah gorengan basah karena minyak. Harganya juga cukup terjangkau dan mudah ditemukan. Kertas merang bisa kita temukan di toko yang menjual alat dan bahan kue.

2. Tisu makan

Tisu adalah bahan kertas yang paling umum digunakan untuk alas gorengan. Namun, tidak sembarang tisu bisa digunakan, ya. Pastikan kita menggunakan tisu makan atau tisu dapur yang memang dibuat khusus untuk menyerap minyak.

Berbeda dengan tisu lain yang halus dan lembut, tisu makan cenderung kasar karena terdapat bintil-bintil pada permukaannya. Bintilan inilah tempat minyak tetsimpan setelah diserap sehingga tidak akan mengotori wadah. Kalau menggunakan tisu lain memang juga akan menyerap, tapi daya serapnya tidak sebagus tisu makan.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *