3 Manfaat Seraput Putih pada Buah Jeruk, Ampuh Sembuhkan Gejala Penyakit Ini

buah jeruk

TIPSTREN.com — Biasanya hampir semua orang akan memilih untuk mengupas kulit jeruk sampai benar-benar bersih. Termasuk membersihkan serabut-serabut putih yang terdapat pada buah jeruk.

Ternyata faktanya adalah serabut-serabut putih tersebut juga berkhasiat bagi tubuh. Serabut putih ini berfungsi sebagai pelindung dalam buah jeruk yang juga dikenal dengan nama albedo.

Apa sajakah manfaat serabut putih pada jeruk? Berikut ini 4 khasiatnya:

1. Sumber Serat

Meski serabut putih pada jeruk rasanya cenderung hambar. Namun ternyata bagian pelindung buah jeruk ini mengandung serat yang tinggi.

Bahkan menghilangkan serabut putih bisa mengurangi 30 persen kandungan serat pada jeruk. Jenis serat yang terdapat dalam serabut putih tersebut adalah pektin.

Pektin sendiri dikenal mampu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, pektin juga merupakan serat yang dapat mengikat kolesterol dan trigliserida yang berlebih.

2. Sumber Vitamin C

Buah jeruk memang terkenal sebagai buah yang kaya vitamin C. Nah ternyata selain daging buahnya, serabut putih pada jeruk juga kaya akan vitamin C.

Bahkan jumlah vitamin C yang terkandung dalam serabut-serabut putih ini hampir sama dengan yang dimiliki buah jeruknya. Vitamin C sendiri mampu membantu menjaga kesehatan kulit dengan melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi.

3. Kaya Antioksidan

Siapa yang menyangka ternyata serabut putih pada jeruk memiliki kandungan antioksidan berbentuk flavonoid dengan jumlah yang berlimpah. Ada dua jenis flavonoid yang terdapat dalam serabut putih pada jeruk, naringen dan hisperidin.

Sama seperti antioksidan lainnya, kedua jenis antioksidan ini memberikan perlindungan yang kuat bagi sistem kekebalan tubuh.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *