9 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Ternyata Bisa Mengakibatkan Kerusakan Pada Ginjal

sakit ginjal

TIPSTREN.com — Banyak orang yang tidak menyadari, bahwa kebiasaan atau gaya hidup seseorang yang tidak baik bisa merusak fungsi dari ginjal.

Ginjal memang salah satu organ yang sangat vital yang dimiliki semua orang, jika salah satu ginjal saja rusak saja bisa membuat seseorang ngedrop kesehatannya.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui hal apa saja yang membuat ginjal Anda rusak dan apa saja yang harus dihindari untuk menjaga fungsi dari ginjal.

Ini beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa Anda sadari bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal.

1. Konsumsi alkohol berlebih

Mengonsumsi lebih dari segelas alkohol setiap hari selama berminggu-minggu bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Sebab, alkohol membuat ginjal dan hati kita bekerja lebih keras dari biasanya.

2. Menahan buang air kecil

Menahan berkemih dapat meningkatkan beban kerja pada ginjal yang mungkin bisa menyebabkan timbulnya batu ginjal atau bahkan gagal ginjal.

3. Kurang minum

Jika Anda tidak minum air dalam jumlah yang cukup, maka kotoran dan racun yang seharusnya diekskresikan dari tubuh akan mulai menumpuk dan menyebabkan kerusakan ginjal.

4. Konsumsi gula berlebih

Peneliti telah menemukan bahwa orang yang minum lebih dari dua gelas minuman manis setiap harinya lebih mungkin terdapat protein pada urinenya. Ini merupakan gejala awal bahwa ginjal tidak berfungsi dengan baik.

5. Konsumsi garam berlebih

Kadar garam yang tinggi di dalam tubuh juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Pasalnya, hal tersebut dapat memberikan beban berlebih pada organ dan meningkatkan tekanan darah.

6. Kurang tidur

Kurang tidur kronis merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Tubuh kita butuh tidur yang cukup di malam hari untuk mengistirahatkan dan mengembalikan fungsi normal ginjal.

7. Kurang vitamin dan mineral

Kinerja ginjal sebagian besar bergantung pada makanan yang Anda konsumsi. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin dan mineral seperti magnesium dan vitamin B6, maka tubuh Anda tidak akan berfungsi dengan baik.

8. Konsumsi kafein berlebih

Kafein dapat menyebabkan tekanan lebih pada ginjal dan meningkatkan tekanan darah. Konsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ginjal setelah beberapa waktu.

9. Penyalahgunaan obat pereda nyeri

Beberapa obat yang digunakan untuk meredakan rasa sakit dan nyeri mengandung berbagai senyawa kimia berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit komplikasi. Salah satu efek sampingnya yaitu kerusakan parah pada ginjal dan hati.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *