Begini Cara Meningkatkan Kecerdasan IQ Anda

iq

TIPSTREN.com — intelligence quotient atau biasa yang dikenal IQ adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar.

Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ.

Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.

Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk meningkatkan kecerdasan.

1. Bermain Alat Musik dan Fotografi

Menurut penelitian, seseorang yang baru saja menekuni hobi fotografi, daya ingatnya menjadi lebih baik.

Tidak hanya itu, mereka yang berlatih memainkan alat musik juga bisa menjadi cara lain untuk meningkatkan IQ kita. Dengan bermain musik, sel-sel otak semakin meningkat.

Sebab itu, bermain alat musik dan fotografi bisa menambah kecerdasan kita.

2. Mengonsumsi Makanan yang Baik untuk Otak

Mengonsumsi makanan yang tepat untuk otak kita, dapat meningkatkan IQ, lo. Karena ada beberapa makanan memang mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan kita.

Misalnya saja, seperti salmon, telur, selai kacang, gandum murni, oat, buah berry, atau kacang-kacangan.

3. Tidur yang Cukup

Menurut sebuah studi, tidur dipercaya bisa mempertajam ingatan kita. Karena di saat kita tidur, otak akan menghasilkan neuron yang baru, yang meningkatkan fungsi otak.

Namun, ketika teman-teman kurang tidur, justru saraf dan fungsi otak kita bisa menjadi terganggu. Sebab itu, jangan lupa untuk tidur dengan cukup, ya! Jika perlu, sebaiknya tidak tidur larut malam agar keesokan paginya bisa bangun lebih segar.

4. Membaca

Dengan membaca, kosakata, kecerdasan verbal, daya ingat, dan pengetahuan umum kita dapat meningkat. Apalagi jika kita melakukannya dengan tekun setidaknya satu buku setiap minggu.

5. Bersosialisasi dengan Baik

Mereka yang sering bersosialisasi atau berkomunikasi dengan teman dan banyak orang, bisa memaksimalkan kemampuan otak kita.

Dengan berkomunikasi, otak kita terus bekerja, menambah wawasan baru, bisa dengan mudah mengeluarkan ide-ide baru yang kreatif, dan mudah mengingat hal-hal detail tentang teman-teman kita.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *