Tips Mengatasi Nyeri di Telapak Kaki

Nyeri di Telapak Kaki
Nyeri di Telapak Kaki

TIPSTREN.com – Telapak kaki sering merasakan nyeri bahkan sampai kita tidak kuat berjalan. Bahkan hal ini dapat mengganggu aktifitas kita.

Banyak yang tidak tahu penyebab kaki kita terasa nyeri. Namun penyebab sakitnya telapak kaki adalah pemakaian alas kaki yang tidak baik seperti sepatu berhak tinggi dan semacamnya.

Walaupun nyeri di telapak kaki tak serius, sebaiknya tidak dianggap sepele. Lebih baik Anda ketahui penyebab dan cara menyembuhkannya.

Bahkan, kelebihan berat badan, diabetes, radang sendi, asam urat, keseleo, atau adanya benjolan-benjolan tulang pada sendi di jempol kaki–juga bisa jadi biang keladinya.

Struktur alami dari telapak kaki, serta gangguan pada otot, ligamen, tulang, kulit, dan saraf juga dapat menjadi penyebab munculnya rasa sakit pada telapak kaki.

Bila yang sering sakit adalah bagian tumit, bisa jadi Anda terkena plantar fasciitis, iritasi atau pembengkakan jaringan yang menghubungkan tumit dengan bagian depan telapak kaki. Pada umumnya rasa sakit paling parah terasa saat pagi hari setelah bangun tidur.

Untuk meredakan sakit kaki di rumah, yang bisa dilakukan antara lain mengoleskan es batu ke area yang nyeri, minum obat pereda nyeri seperti Paracetamol, Ibuprofen, atau Aspirin. Kenakan alas kaki untuk mencegah gesekan pada telapak kaki, dan cobalah untuk mengistirahatkan kaki sebisa mungkin.

Bila cara tersebut tak berhasil, saatnya pergi ke dokter. Mengunjungi dokter juga bisa dilakukan sesegera mungkin apabila Anda mengalami rasa sakit yang tiba-tiba dan tak tertahankan, terjadi luka terbuka, mengganggu aliran darah, area yang sakit menjadi merah dan meradang, serta saat sakit kaki disertai demam.

Rasa sakit pada telapak kaki memang biasa terjadi, tetapi mungkin itu bukan sesuatu yang normal. Sehingga, bila sakit terasa sampai satu atau dua pekan, segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Biasanya dokter akan mengecek kaki pasien dengan memintanya berdiri dan berjalan. Pasien juga akan ditanya soal kesehatan pada masa lalu termasuk penyakit atau cedera yang mungkin pernah dialami.

Lalu, pasien akan diminta menceritakan di mana bagian yang terasa paling sakit dan kapan waktu yang paling sering sakit. Bila diperlukan, dokter akan melakukan rontgen.

Sebagai pencegahan, yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan sepatu yang nyaman, tidak sempit, dan empuk. Pertahankan berat badan yang sehat, selalu jaga kebersihan kaki, dan selalu gunakan alas kaki saat beraktivitas di luar ruangan.

(hal/tipstren.com)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *