9 Tips Agar Makan Malam Tidak Jadi Lemak

Bagi para peempuan, khususnya yang sedang melakukan progam diet ketat, maan malam adalah suatu larangan atau pantrangan. Makan malam bisa menimbun lemak, makan malam bikin badan cepat melar. Yakin?

Makan tiga kali sehari yaitu sarapan pagi, makan siang dan makan malam tidak boleh dilewatkan dan sangat berperan penting dalam mendukung proses metabolisme tubuh.
Melewatkan jadwal makan, termasuk juga makan malam justru akan berakibat pada terganggunya proses metabolisme tersebut. Alih-alih menurunkan berat badan, metabolisme yang tidak lancar ini justru akan membuat kamu ingin terus-terusan makan dan berat badan kamu pun akan meningkat.

Sebenarnya makan malam tidak membuat gemuk kalau Anda makan malamnya sesuai dengan aturan seperti ini, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber :

baca juga : Wow Ada Lho Diet Tanpa Harus Diet Ini Caranya
1. Makan sebelum jam 7
Waktu yang paling baik untuk makan malam adalah sebelum jam 7 malam, agar jeda waktu antara makan dan tidur cukup lama. Dengan begitu, tubuh kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk memproses makanan hingga benar-benar dicerna secara sempurna, sehingga mencegahnya berubah menjadi timbunan lemak saat tidur.

2. Jangan langsung tidur
Agar berat badan tidak naik walaupun sering makan malam adalah jangan langsung tidur. Usahakan untuk memberi jedah beberapa jam agar makanan yang Anda konsumsi bisa diserap oleh tubuh dan tidak mengendap menjadi lemak. Sekedar tips, biasakanlah makan malam sekitar jam 7 malam karena kita mempunyai waktu lebih banyak untuk bergerak sebelum tidur.

3. Atur porsi makan
Salah satu cara agar makan malam tidak membuat kamu menjadi gemuk adalah dengan mengatur porsi makanan yang kamu konsumsi saat makan malam.
Jika makan dalam porsi banyak pada malam hari, makanan tersebut pada akhirnya hanya akan menumpuk pada tubuh karena kamu tidak melakukan banyak aktivitas yang dalam membakar kalori dan lemak.

4. Fokus makan
Jika kamu terbiasa makan sambil duduk di depan televisi untuk menonton film kesayanganmu, bermain Gadget, mendengarkan musik, atau bahkan ngobrol, hentikanlah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Hal ini karena makan sambil melakukan aktivitas yang seru seperti menonton televisi, chatting di media sosial, mendengarkan musik, ngobrol, akan membuat kamu “lupa diri” dan kebablasan makan dalam jumlah yang banyak.

5. Pilih-pilih makanan
Jika Anda mau makan nasi, usahakan setengah dari porsi normal makan pagi dan makan siang Anda. Anda juga bisa mengganti nasi dengan memilih biskuit gandum atau keju rendah lemak, memilih yoghurt, atau oleskan selai kacang pada sepotong apel. Sangat dianjurkan untuk lebih memilih perbanyak konsumsi buah dan sayur.

baca juga : Ini Dia Menu Andalan Pendamping Diet

6. Makan di meja makan
Makan di meja makan juga akan membantumu mengatur porsi, dibanding harus makan di depan televisi, atau sambil bermain gadget yang membuatmu tidak bisa merasakan dan menikmati makanan yang dimakan secara total, sehingga kamutidak akan makan dengan porsi besar.

7. No gorengan
Makanan yang digoreng justru akan berubah menjadi tumpukan-tumpukan lemak pada tubuh yang akhirnya membuat berat badan kamu naik, apalagi jika dikonsumsi saat makan malam. Selain itu, gorengan sulit untuk dicerna dan membuat organ pencernaan untuk bekerja lebih keras. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memperbanyak konsumsi makanan yang diproses dengan cara direbus dan dikukus, terutama saat makan malam.

8. Minum air hangat
Biasakan untuk mengkonsumsi air hangat setelah makan malam karena ini sangat baik untuk mempercepat proses penyerapan makanan oleh tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan lemak didalam tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi air hangat setelah makan malam akan membuat tubuh terasa rileks serta membuang racun-racun yang ada didalam tubuh.

baca juga : Mana yang Lebih Manfaat, Air Hangat Atau Air Dingin?

9. Hindari olahraga keras
Tahukah Anda bahwa olahraga yang terlalu keras di malam hari apalagi setelah makan akan membuat perut menjadi kram dan ini sangat tidak baik bagi kesehatan. Yang Anda perlukan adalah hanya berjalan-jalan santai saja agar tubuh bergerak dan tubuh akan cepat memproses makanan.

 

(Fidah)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *