4 Tips Alami untuk Hentikan Mimisan

tips hentikan mimisan

TIPSTREN.com —

Mimisan biasa terjadi pada anak-anak. Terutama jika mereka mengalami kelelahan. Namun saat ini mimisan juga bisa terjadi pada orang dewasa.

Banyak faktor yang menjadi penyebab mimisan terjadi, seperti alergi, luka di hidung, kedinginan, flu, perbedaan ketinggian, hingga udara yang kering.

Mimisan sendiri biasanya terjadi secara tiba-tiba tentu saja sangat merepotkan. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah cara alami untuk menghentikannya.

1. Cuka
Saat kamu terkena mimisan dan bingung untuk membersihkannya, coba bersihkan dengan cuka. Cuka mampu menghentikan aliran darah, membersihkan hidung dan darah yang mengering.

Caranya adalah celupkan bola kapas ke dalam cuka dan kemudian tempatkan di hidung yang mimisan. Diamkan selama beberapa menit dan pendarahan hidung akan segera berhenti.

2. Garam
Iritasi dalam hidung juga bisa membuat hidung mimisan. Untuk menghilangkan iritasi tersebut dan alergi yang menyebabkan mimisan, gunakan garam dapur.

Caranya adalah campurkan satu sendok teh garap ke dalam secangkir air hangat, kemudian basuhkan di hidung.

3. Es
Jika mimisan terjadi karena cedera pada hidung, kompreslah dengan es. Es akan menghentikan pendarahan dan meredakan peradangan dengan menenangkan pembuluh darah.

Kamu bisa menghancurkan beberapa es batu dan menempatkannya ke dalam kantong plastik. Kemudian kompres dengan lembut di atas hidung.

4. Menekan hidung
Saat terjadi mimisan, kamu bisa menekan hidung beberapa kali untuk menghentikan pendarahan di hidung. Gunakan tisu atau sapu tangan dan tekan dengan lembut beberapa kali.

Selain cara tersebut, kamu bisa mencegah mimisan dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Sebab vitamin ini akan membentuk kolagen baru di hidung serta kandungan vitamin C di dalamnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah mimisan.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *