Hindari Posting 6 Hal Ini di Media Sosial Jika Tak Mau Menjadi Sasaran Kejahatan

Identitas Paspor
Identitas Paspor

TIPSTREN.com – Kehadiran beragam media sosial saat ini semakin canggih dan modern ini bukan sekadar untuk hiburan semata, saat ini media sosial sudah menjadi kebutuhan setiap anak, remaja, dan dewasa. Tapi sayangnya bakal terjadi fatal jika tidak pintar menggunakannya, bahaya justru bisa mengintai Anda dan keluarga.

Dilansir dari Pop Sugar, Senin (10/4/2017) enam hal ini harus diketahui setiap orang dalam penggunaan media sosial. Informasi tulisan dan foto yang diunggah dalam akun media sosial Anda bisa menjadi informasi bagi penjahat Cybercrime. Apa saja enam hal yang harus dihindari? Simak!

1. Alamat Rumah dan Kantor

Sadar atau tidak sebagian kalangan individu pasti pernah mengabadikan foto di tempat kerja atau beberapa sudut rumah, lalu mengunggahnya ke media sosial. Sekadar foto sebenarnya tak masalah, tapi yang bisa menjadi petaka ketika Anda melakukan “check in” dan melengkapi foto dengan geotag. Mengapa hal ini dilarang? karena aktivitas ini dapat menggiring keberadaan Anda dengan mudah menuju rumah atau kantor.

2. Kartu kredit dan finansial pribadi

Informasi yang sifatnya pribadi sudah seharusnya dijaga kerahasiaannya. Bahkan percakapan di kolom komentar terkait finansial Anda dan keluarga merupakan informasi yang bisa dikulik lebih lanjut oleh para hacker.

3. Rencana dan informasi liburan

Hal ini sering dilakukan seseorang mengunggah seluruh rencana liburan seperti tujuan, tanggal keberangkatan, hingga boarding pass bisa menjadi bumerang sendiri. Namun ternyata hal seperti ini bisa menjadi informasi untuk dipergunakan melacak keberadaan Anda juga disalahgunakan.

Sebaiknya tidak perlu diunggah rencana perjalanan berlibur anda di media sosial karena bila dilakukan bisa menjadi fatal akibatnya.

4. Petunjuk kata sandi

Sering kali individu menggunakan kota kelahiran, tanggal kelahiran, nama hewan peliharaan, dan informasi pribadi lainnya sebagai kata sandi. Informasi spesifik seperti ini sebaiknya tidak diketahui oleh banyak orang, terutama teman di media sosial Anda. Risikonya bisa jadi akun pribadi Anda diretas.

5. Foto pribadi

Jangan sesekali-kali nekat untuk mengunggah juga mengirim foto pribadi di semua akun media sosial Anda. Meskipun Anda sudah menghapusnya, tapi risiko terduplikati oleh hacker bisa saja terjadi dan tidak aman.

6. Foto anak

Hindari untuk tidak mengunggah sekolah dan informasi pribadi lainnya terkait anak di media sosial, terutama jika mereka sedang pergi sendiri atau jauh dari pengawasan Anda. Hal tersebut memudahkan kejahatan mengancam anak.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *