Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

Orang yang berpuasa juga harus menjalani olahraga demi menjaga kesehatannya. Terlebih bagi mereka yang memiliki bobot tubuh di atas normal, menjalani olahraga harus dilakukan untuk menjaga berat badannya agar tidak mudah naik lagi. Meskipun berpuasa, tubuh juga mengalami kenaikan berat badan jika tidak menjalani pola hidup sehat.

Olahraga yang boleh dilakukan saat puasa adalah olahraga ringan yang tak terlalu menguras energi. Contoh olahraga yang bisa dilakukan saat puasa yaitu jalan-jalan pada pagi hari selama tiga puluh menit, bersepeda keliling komplek selama tiga puluh menit atau senam kecil yang bisa dilakukan lima belas menit. Hindari olahraga berat seperti lari atau olahraga permainan seperti bola saat puasa. Olahraga berat bisa menguras energi dan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat sehingga kekurangan cairan.

Cara berolahraga saat puasa yang bisa menyegarkan badan juga bisa dijalankan pada sore hari ketika menunggu berbuka. Bisa jalan-jalan kecil atau bersepeda santai sambil menunggu datang adzan Maghrib. Begitu pentingnya menjalani olahraga saat puasa, namun yang perlu diperhatikan yaitu harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh. Jadi perhatikan jenis olahraga yang dijalani, waktu dan durasinya.

Meskipun tubuh sedang berpuasa, namun kita tetap bisa menjalani olahraga. Ketika berpuasa tubuh menggunakan cadangan lemak yang ada di dalam tubuh untuk membentuk energi. Lemak inilah yang dibakar ketika olahraga, dan tentu olahraga akan sangat baik untuk kesehatan, kebugaran tubuh dan membantu menurunkan berat badan bagi yang bertubuh gemuk.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *