Kertas Struk Belanjaan Ternyata Berbahaya bagi Tubuh

struk belanja

TIPSTREN.com — Tak banyak yang mengetahui bahwa struk belanja di minimarket ternyata berbahaya. Selain berdampak terhadap kelestarian lingkungan, kertas nota kasir ternyata mengandung BPA yang berbahaya bagi tubuh.

Menurut hasil studi yang dilakukan oleh Universitas Missouri, kertas nota umum yang sering Anda dapat dari kasiran ternyata mengandung bisphenol A (BPA). Selain ditemukan dalam kertas, BPA juga ada pada plastik, pembungkus makanan, serta kaleng minuman.

BPA sendiri adalah salah satu penyebab kacaunya hormon endokrin dalam rubuh. Saat hormon endokrin terganggu, Anda lebih beresiko terkena penyakit asma, jantung, kelainan fungsi reproduksi, dan lain-lain.

Menurut riset yang dilakukan sejumlah peneliti melihat tangan pria dan perempuan yang menerima nota setelah menggunakan hand sanitizer.  Pada tangan mereka ternyata ditemukan sejumlah besar BPA. Kadar BPA yang tinggi tersebut kemudian juga masuk dalam peredaran darah.

Hal tersebut lantas membuat oara peneliti cukup kaget dengan fakta bahwa kertas nota kasiran ternyata mengandung BPA yang berbahaya bagi tubuh. BPA yang masuk dalam darah sendiri memiliki kaitan erat dengan berbagai macam penyakit.

Makin banyak Anda terpapar BPA, makin tinggi pula resiko terkena penyakit obesitas serta diabetes. Penggunaan BPA dalam kertas nota ini dikhawatirkan tim peneliti dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan manusia.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *