Pilih BAB Jongkok atau Duduk? Ternyata Ini yang Sehat dan Benar

bab

TIPSTREN.com — Sejarah menunjukkan, jika manusia, seperti mamalia lainnya, termasuk urusan buang air besar melakukanya dengan berjongkok.

Kebiasaan cara BAB yang sudah lama tersebut dilakukan dengan jongkok. Namun, sejak Sir John Harington menemukan toilet pada tahun 1591, semua berubah. Terlebih ada cara BAB dengan jongkok dan duduk manakah yang lebih sehat?

Dalam bukunya berjudul Gastroenterology tahun 1964, Dr. Henry L. Bockus menyimpulkan berjongkok dengan paha yang ditekan ke perut adalah posisi yang diperlukan untuk buang air besar yang ideal.

Hal serupa diutarakan Dr. Alexander Kira yang mengatakan dalam bukunya, The Bath tahun 1966, sifat manusia menyerukan jongkok untuk menjawab panggilan alam karena mengurangi usaha yang dibutuhkan untuk buang air besar.

Lalu pada tahun 2003, Dr. Dov Sikirov menerbitkan sebuah studi yang membandingkan kekuatan yang diterapkan untuk duduk dan berjongkok saat buang air besar. Hasilnya sensasi pengosongan usus lebih memuaskan untuk posisi jongkok.

Posisi duduk sendiri memang membutuhkan usaha yang berlebihan dan lebih banyak waktu dibandingkan posisi jongkok.

1. Jongkok

Pada posisi jongkok, kaki Anda harus berada pada sudut 35º berkenaan dengan tubuh. Dengan melakukan itu, otot akan menekan perut Anda.

Hal seperti ini menciptakan tekanan pada rongga dalam usus besar, membebaskan dan menyelaraskan saluran anal, yang menyebabkan eliminasi. Hal ini menyebabkan pengosongan usus lebih cepat, mudah, dan lebih menyeluruh.

2. Duduk 

Lalu pada posisi duduk, berlawanan dengan posisi jongkok. Kaki Anda sendiri berada pada sudut 90º dengan menekan perut terhadap paha. Posisi ini tidak menghasilkan kesejajaran yang tepat dari rektum dan anus.

Posisi ini juga menyebabkan berbagai komplikasi seperti konstipasi, sindrom iritasi usus besar, hernia dan wasir. Pada kasus yang serius, juga bisa menyebabkan kanker usus.

Bagaimana jika kloset di rumah Anda sudah terlanjur bertipe duduk? Jangan khawatir Anda dapat mengakalinya dengan membuat tumpuan kaki.

Tingginya tidak spesifik, tapi yang jelas dapat membuat kita dalam posisi 35º. Beberapa orang bahkan jongkok di atas kloset duduk, tapi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan toilet pecah dan orang tersebut terjatuh.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *