2 Nasihat Bagi Anak Yang Melanjutkan Sekolah Keluar Negeri

Semua orangtua tentu ingin yang terbaik bagi anaknya. Terutama dalam masalah pendidikan, tak sedikit orangtua yang berangan atau bahkan sampai mengusahakan dengan keras agar anaknya dapat melanjutkan sekolah ke luar negeri.

Dalam sebuah survei yang dilakukan pada 400 orangtua di seluruh Indonesia, sekiranya 60 persennya menginginkan anaknya melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi di luar negeri.
Ada yang perlu diingat orangtua, selain masalah biaya ada beberapa nasihat yang perlu diberikan pada anak yang ingin melanjutkan sekolah di luar negeri. Nasihat seperti apa?

1. “Pastikan kampus terdaftar”
Jangan sampai sudah jauh-jauh menjalani proses untuk sekolah ke luar negeri, namun sekolah yang dituju ternyata sekolah yang abal-abal. Ada beberapa negara yang sebagian besar perguruan tingginya adalah negeri, seperti Australia, New Zealand, Inggris dan Kanada.

2. “Kalau sudah selesai jangan lupa kembali”
Tak masalah sebenarnya jika ingin atau merencanakan mengirim anak ke luar negeri untuk melanjutkan sekolah. Namun, setelah selesai jangan lupa untuk kembali. Membangun negeri dan bermanfaat bagi orang lain.

Sebetulnya angka 60 persen orangtua ingin anaknya kuliah di luar negeri itu bukan kebanggaan yah, justru menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan orangtua terhadap pendidikan di Indonesia masih rendah. Tapi, itu juga bukan masalah yang penting anak ingin kembali lagi dan mau berpartisipasi membangun bangsa.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *