Ini 5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Para Perokok

perokok

TIPSTREN.com — Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, kita tidak hanya dilarang untuk makan dan minum saja merokok pun juga dilarang karena bisa membatalkan puasa.

Karena tengah menjalankan ibadah puasa, selain tidak makan dan minum otomatis para perokok juga tidak merokok. Para perokok akan berkurang konsumsi rokoknya selama bulan puasa.

Hal tersebut membuat para perokok menjadi lebih sehat karena kurangnya mengkonsumsi rokok. Apa saja manfaat puasa bagi para perokok? Berikut ini 5 manfaat puasa bagi perokok dilansir dari Go Dok:

1. Menormalkan detak jantung

Ternyata 20 menit setelah mulai puasa, jantung Anda yang sebelumnya berdetak cepat akibat merokok akan melambat dan perlahan menjadi normal kembali.

Bersamaan dengan itu, tekanan darah mulai turun dan sirkulasi darah di tubuh Anda akan kembali normal pula. Dengan begitu pendistribusian nutrisi dan oksigen yang terjadi di dalam tubuh akan menjadi lebih lancar.

2. Membersihkan darah dari karbonmonoksida berlebih

Salah satu dari 5 manfaat puasa bagi perokok adalah membersihkan darah dari zat karbonmonoksida yang berlebih.

Asap rokok sejak lama diketahui mengandung racun berbahaya bagi tubuh, yang salah satunya adalah gas karbonmonoksida.

3. Meningkatkan fungsi paru-paru

Manfaat puasa bagi perokok juga dapat meningkatkan kembali fungsi paru-paru Anda. Kebiasaan merokok dalam jangka waktu yang lama dapat menurunkan fungsi paru-paru dan meningkatkan risiko kematian akibat kanker.

Meski begitu, puasa ternyata merupakan terapi yang efektif untuk mengembalikan fungsi organ pernafasan para perokok.

4. Mengurangi ketergantungan tubuh terhadap nikotin

Tahukah Anda bahwa salah satu dari 5 manfaat puasa bagi perokok adalah mengurangi ketergantungan tubuh terhadap zat adiktif nikotin?

5. Momen yang tepat untuk berhenti merokok

Disadari atau tidak, dengan menjalankan ibadah puasa Ramadhan Anda akan berhenti merokok 13 jam setiap harinya selama 4 minggu penuh. Selama jangka waktu tersebut tubuh akan terbiasa dengan kadar nikotin yang lebih rendah ketimbang saat tidak berpuasa.

(hal/tipstren)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *